Emas Pertama dari Renang

bandungekspres.co.id, Bandung – Perenang putri Jawa Barat Raina Saumi Gahana menyubangkan medali emas pertama cabang renang PON XIX/2016 Jawa Barat di Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung, kemarin (14/9). Saumi tampil gemilang pada final nomor 400 meter gaya bebas perorangan putri sekaligus mengalahkan seniornya yang pindah dari Jabar ke Jawa Timur Ressa Kania Dewi.

Raina Saumi mencatat waktu 4 menit 21,23 detik finis di depan Ressa Kania Dewi yang mencatat waktu 4 menit 21,32 detik. Sementara, medali perunggu diraih Azahara Permatahani (Riau) 4 menit 26,23 detik.

Emas Saumi mampu membuyarkan harapan Jatim untuk menggebrak meraih emas pertamanya pada nomor itu. Meski demikian, persaingan antara dua perenang yang sempat satu daerah itu berlangsung ketat bahkan saling menyusul, namun pada 100 meter terakhir Raina lebih unggul.

Emas pertama disambut sukacita oleh supporter Jawa Barat yang dimotori oleh para prajurit dari Kodam III Siliwangi yang terus menggelorakan semangat ”Jabar Kahiji” atau Jabar Juara Umum.

Sebaliknya supporter Jatim yang berkostum hijau-hijau terdiam dengan hasil yang diraih perenang andalannya itu. Arena renang di Kolam Renang UPI menjadi semarak dan penuh dengan yel-yel untuk mendukung atlet tuan rumah. Keberhasilan Raina meraih emas pertama Jabar dari arena renang itu akhirnya menjadi puncak dari pesta pada hari pertama PON dari kubu Jabar.

Sukacita Jawa Barat berlanjut pada nomor 400 meter gaya bebas setelah andalan lainnya A Fadlan Prawira dan Rizky Anggawijaya meraih emas dan perak. Pada final nomor itu yang diikuti delapan perenang, A Fadlan jauh memimpin dengan catatan waktu empat menit 15,75 detik.

Ricky Anggawijaya yang meraih perak finis di peringkat kedua dengan catatan waktu empat menit 39,98 detik serta perunggu diraih Putra M Randa dari DKI Jakarta dengan catatan waktu 4 menit, 56,93 detik.

Namun demikian catatan waktu dari dua final itu belum memecahkan rekor baik nasional maupun PON.

Para pemenang mendapat pengalungan medali yang dilakukan langsung oleh Komandan Kontingen PON XIX/2016 Jawa Barat Mayjen TNI Hadi Prasojo yang mengawal langsung perjuangan kontingen Jabar pada laga final cabang renang itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan