Ajari Pelajar Berteater

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Generasi muda harus dikenalkan dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai positif agar bisa terhindar dari perilaku yang dianggap menyimpang dari masyarakat. Seniman teater asal Cimahi, Andy Agus mengatakan, semenjak pulang kampung sehabis melaksanakan aktivitas berkesenian di Jakarta, dirinya saat ini mencoba masuk ke sejumlah sekolah di Cimahi untuk mengajarkan ilmu teater.

”Sejak pulang kampung ke Cimahi, saya sekarang mencoba melatih teater di beberapa sekolah baik SMP maupun SMA, selain menyalurkan kecintaan saya kepada teater, juga agar generasi muda bisa menggandrungi teater,” katanya, kemarin.

Lulusan Institur Kesenian Jakarta 1982 ini mengaku sangat menginginkan kegiatan teter ini bisa digandrungi oleh generasi muda karena dengan berteater selain mengisi waktu dengan kegiatan positif, dalam tetaer juga mengajarkan nilai-nilai kejujuran. ”Jika terbiasa bermain teater, kita akan mencoba untuk tidak menghiasi perilaku ini dengan kebohongan-kebohongan,” lanjutnya.

Berteater juga mengajarkan untuk hidup damai sehingga generasi muda tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif seperti tawuran atau kenakalan remaja lainnya. Tetaer juga akan melatih seseorang untuk mengenal beraneka ragam watak dan karakter manusia. Jika bisa mengenal lebih jauh tentang karakter seseorang, maka kita akan mudah dalam melaksanakan pergaulan di masyarakat. ”Saya harapkan generasi muda bisa mencintai teater, karenanya pihak-pihak yang berkepentingan seperti seniman, sekolah dan pemerintah bisa mendorong ke arah itu,” paparnya.

Dia menyebutkan, beberapa waktu lalu dirinya melakukan kolaborasi dengan seniman lukis dan pemusik untuk tampil dalam sebuah panggung di Cimahi. Pelukis dan grup band melakukan aktivitasnya dan Andy membacakan puisi di tengah para pelaku seni itu. ”Waktu muda saya pada 1983 pernah menjadi juara di festival tetaer yang dilaksanakan di Jakarta, sekarang saya lebih menularkan apa yang saya bisa kepada para pelajar di Kota Cimahi,” pungkas Andy. (bun/asp)

Tinggalkan Balasan