Pemkot Cimahi Sediakan 3.600 Kalung Sehat

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Pemkot Cimahi melalui Dinas  Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) menyediakan 3.600 kalung sehat. Kalung tersebut sebagai tanda hewan kurban layak disembelih dan dikonsumsi masyarakat saat Idul Adha 1437 H.

Kepala Diskopindagtan Kota Cimahi, Adet Chandra Purnama menjelaskan, satu pekan menjelang hari kurban pihaknya mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban di sejumlah lapak hewan dan peternakan yang ada di seluruh wilayah Kota Cimahi.

Salah satu tempat penjualan hewan kurban yang dipantau ada di Jalan Sukimun, petugas dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Cimahi memeriksa mulut, mata dan anus hewan. Setelah diperiksa hewan dinyatakan sehat, maka hewan tersebut diberi kalung sehat.

”Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan kurban. Kita periksa apa sudah memenuhi persyaratan kesehatan atau belum,” kta Adet kepada wartawan, Senin (5/9).

Menurutnya, sebelum berkurban hal-hal yang harus diperhatikan adalah hewan tersebut haruslah berjenis kelamin jantan, dan cukup umur yakni diatas dua tahun untuk sapi dan diatas 1 tahun untuk domba/kambing.

Kategori cukup umur ini bisa dilihat dari kondisi gigi hewan. Untuk sapi berumur di atas dua tahun yang ditandai sudah tumbuhnya lebih dari sepasang gigi tetap.

”Domba dan kambing yang berumur di atas satu tahun bisa diindikasikan dengan jumlah gigi susu hewan yang sudah tanggal,” ujarnya.

Untuk memaksimalkan pemeriksaan hewan tersebut, Pemkot Cimahi akan mengerahkan petugas kesehatan yang terbagi dalam tiga tim, satu tim terdiri dari dua orang. Mereka akan disebar di tiga kecamatan yang ada di Cimahi. (hms/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan