Pelaku UMKM Didorong Ikut Serta Saat PON

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Dua minggu jelang pelaksaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bandung Barat belum banyak perubahan. Padahal, diprediksi, pada saat pelaksaan PON, khususnya Bandung Barat akan banyak dikunjungi wisatawan.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bandung Barat Elin Suharliah Abubakar meminta kepada pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang tersebut. Salah satunya menjual produk ciri khas Bandung Barat. ”Misalkan makanan yang bisa dijual,” ungkap Elin kepada wartawan ditemui di kantor Bupati, kemarin ( 31/8).

Pada perhelatan nanti, pihaknya meminta kepada para camat untuk menggelar bazzar dengan menjual sejumlah produk hasil UMKM yang berlokasi tidak jauh dari venue PON. ”Jangan sampai nanti para atlet akan kembali ke kotanya, tapi tidak membawa oleh-oleh dari Bandung Barat,” katanya.

Selain itu, para pengrajin kayu dan rajutan bisa membuat kerajinan dengan ciri khas Bandung Barat. Sejauh ini, kata dia, Kabupaten Barat dikenal dengan kerajinan berbagai kayu. Ini bisa dimanfaatkan untuk oleh-oleh para atlet. Dia optimis, kerajinan kayu tersebut akan banyak yang membeli.

Sementara itu, Ketua Harian Sub PON Bandung Barat Maman S Sunjaya menambahkan, pada pelaksanaan PON di Kabupaten Bandung Barat akan dihadiri 859 atlet termasuk dengan official.

”Seluruh hotel akan diisi oleh 923 orang. Kebanyakan berada di Kecamatan Lembang karena kebanyakan venue berada di dua lokasi tersebut,” katanya.

Lebih jauh Maman menyatakan, untuk meramaikan penyelenggaraan PON Jawa Barat ini, Pemkab Bandung Barat sudah menyiapkan Pekan Oncom Nasional. Mulai dari kuliner oncom, batik oncom, batu akik oncom, otomotif oncom.

”Sehingga para atlet yang datang bisa memilih baik kulinernya maupun oleh-oleh khas Kabupaten Bandung Barat,” tandasnya.

Seperti diketahui, terdapat enam venue mulai dari cabang olahraga panjat tebing, track sepeda downhill dan sepeda road yang berlokasi di Kecamatan Lembang. Sedangkan pacuan kuda yang berada di Kecamatan Parongpong, dan ski air di Waduk Saguling Kota Baru Parahyangan serta venue gantole di Kecamatan Cihampelas. (drx/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan