Pastikan Kesiapan PON XIX/2016

bandungekspres.co.id – DPRD Kabupaten Pangandaran akan melakukan evaluasi kesiapan Panitia Sub PB PON XIX. Hal tersebut disampaikan anggota DPRD Kabupaten Pangandaran sekaligus Panitia Pelaksana (Panpel) Pacuan Kuda  Asep Noordin kemarin (31/8).

”Hari Jumat (2/9) kita akan melakukan evaluasi kesiapan panitia Sub PB PON XIX, mulai dari kesiapan panitia sampai pelaksanaan agar semuanya berjalan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Asep mengatakan, pihaknya juga akan mengevaluasi sarana dan prasarana. Menurutnya, saat ini venue pacuan kuda Legok Jawa sudah dinyatakan siap menghadapi PON XIX. ”Tinggal beberapa sarana penunjang saja yang harus dilengkapi, paling yang sifatnya knock down,” ujarnya.

Dikatakannya, secara keseluruhan, kondisi sarana dan prasarana sudah cukup layak. ”Setelah dilakukannya test event, semuanya teruji, hanya tinggal diperbaiki saja, yang dirasakan perlu,” kata dia.

Lanjut Asep, selain pacuan kuda pihaknya juga akan melakukan evaluasi kesiapan cabang olahraga terjun payung. ”Di Kabupaten Pangandaran ada dua cabor PON XIX yaitu berkuda dan terjun payung, semuanya harus sukseskan bersama-sama karena menyangkut nama baik Kabupaten Pangandaran,” ungkapnya.

Sebelumnya, tiga puluh kuda dari Pordasi Jawa Barat mengikuti test event di Lapang Pacuan Kuda Legok Jawa Kecamatan Cimerak Minggu (28/8). Ribuan warga Pangandaran turut menyaksikan balapan kuda menjelang PON XIX itu.

Ketua Panpel Cabang Olahraga Berkuda Yeyen Rusyana Dian mengatakan test event dilakukan delapan race. Empat diantaranya, race yang akan dilaksanakan pada PON XIX bulan September mendatang. ”Untuk kelas PON ada empat race, tapi ada kelas tambahan untuk kuda-kuda yang ada di Pangandaran dan Jawa Barat. Kita fasilitasi untuk ikut uji cabang,” ungkapnya.

Pada PON XIX, lanjutnya, akan dipertandingkan lima kelas. Yakni kelas A terbuka 2.200 meter, kelas A terbuka 1.300 meter, kelas C 1.600 meter, kelas D 1.400 meter dan kelas E 1.200 meter. ”Akan ada lima emas yang akan dibagikan di sini,” tuturnya.

Pordasi Jawa Barat menurut Yeyen, menargetkan tiga medali emas dari ajang PON XIX. Dia meminta masyarakat Jawa Barat mendoakan tim Pordasi Jabar agar dapat menang dan meraih target.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan