Kejutan di La Liga dan Ligue 1

bandungekspres.co.id – AKHIR pekan kemarin benar-benar akhir pekan yang penuh kejutan di liga-liga utama Eropa. Paling kelihatan terjadi di La Liga Spanyol dan Ligue 1 Prancis.

Di La Liga, Barcelona harus bersusah payah untuk membungkam Athletico Bilbao di San Mames dengan skor tipis 1-0. Meski meraih kemenangan kedua beruntun, bukan berarti klub berjuluk El Barca itu bakal nyaman berada di puncak klssemen sementara.

Sebab, kejutannya, tim yang berada di papan tengah musim lalu, Las Palmas, justru saat ini menjadi lider dengan keunggulan selisih gol. Keberhasilan Las Palmas didapat setelah mereka menggunduli Granada 5-1 di Gran Canaria.

Kejutan lainnya juga terjadi di Ligue 1 dimana juara bertahan Paris Saint-Germain (PSG) takluk 1-3 di Stade Louis II, markas AS Monaco.

Kekalahan ini semakin mempertegas bahwa Monaco merupakan momok yang menjengkelkan bagi PSG sejak Monaco kembali promosi ke Ligue 1 di musim 2013-2014.

Sepanjang tiga musim ini, Monaco unggul dengan dua kemenangan, sekali kalah, dan empat hasil imbang. Hasil-hasil ini begitu menyakitkan karena selalu menjadi pengganjal bagi PSG.

Seperti 2013-2014 contohnya. Skor 1-1 pada pertemuan pertama di Stade de France menjadikan Monaco sebagai tim yang menghentikan rekor tiga kemenangan beruntun PSG.

Adapun dalam laga dinihari kemarin, yang menjadi bintang bagi kemenangan Barca dan Monaco adalah lini tengah. Gol krusial Barca dicetak oleh Ivan Rakitic di menit 21. Sementara Joao Moutinho membuka keunggulan bagi Les Rouges et Blancs, julukan Monaco, 13 menit setelah laga dimulai.

”Aku begitu senang dengan hasil ini,” kata Rakitic dikutip dari situs resmi Barca. ”Kemenangan ini menandakan kami siap bersaing melawan tim-tim paling terbaik sekalipun,” koar gelandang timnas Kroasia tersebut.

Terpisah, Wakil Presiden Monaco, Vadim Vasilyev, menyatakan dengan kemenangan ini, dia melihat kompetisi memperebutkan trofi Ligue 1 bakal lebih ketat.

”Semua orang tahu bahwa PSG adalah tim terbaik di Eropa. Namun, bukan berarti kami tidak bisa menghadapinya,” koar Vasilyev kepada situs resmi Ligue 1. ”Kami akan mencoba yang terbaik,” lanjut pria berusia 50 tahun itu. (apu/JPG/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan