Nonton PON dari Handphone, Pemprov Jabar Jadi Pencetus Aplikasi Olahraga

Bupati Bandung H Dadang M Naser mengatalam. pemerintah terus membenahi infrastruktur menjelang pelaksanaan PON 2016. Di samping itu beberapa cabor juga bakal dipertandingkan di venue yang berada Kabupaten Bandung.

Dia mengatakan, terus melakukan perbaikan dan pembangunan sarana jalan, penataan taman kota untuk menunjang PON. Termasuk pembangunan sejumlah sarana olahraga yang terpusat di Stadion si Jalak Harupat.

Seperti dikethaui di kabupaten Bandung, ada sepuluh cabor PON XIX dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bandung. Di antaranya bola voli indoor, angkat besi, angkat berat, binaraga, hoki outdoor, panahan, softball putra, polo air, aeromodeling dan sepakbola.

Sementara itu, venue yang akan digunakan untuk perhelatan PON di wilayah Kabupaten Bandung Barat sudah mencapai 95 persen. Di Kabupaten Bandung Barat ada enam cabor yang akan digunakan sepanjang PON berlangsung. Mulai dari berkuda, panjat tebing, ski air, sepeda gunung, paralayang gantole, sepeda jalan raya.

”Venue yang akan dipakai oleh para atlet, kami pastikan sudah rampung dan siap digunakan. Termasuk sejumlah akses jalan seperti ke gantole di Cihampelas sudah diperbaiki dan beberapa akses jalan lainnya,” ungkap Ketua Harian Sub PON Bandung Barat Maman S Sunjaya kepada wartawan di Ngamprah, kemarin (29/8).

Khusus untuk venue ski air, kata Maman, pihaknya sudah mengantisipasi agar tidak terjadi penyusutan debit air. Hal ini dilakukan dengan cara mengatur pengeluaran debit air agar tidak terjadi penyusutan. Pemerintah juga sudah berkoordinasi dengan

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) selaku pengelola di area ski air tersebut.

”Memang kalau debitnya sangat minim, alternatif kedua kita bisa memakai tempat di area sebelahnya yang tidak jauh dari dermaga ski air,” paparnya.

Diungkapkan Maman, pada pelaksanaan PON nanti, personel dari Dinas Perhubungan bersama pihak kepolisian juga disiapkan untuk mengamankan sejumlah akses jalan menuju venue dan juga mengamankan area parkir di seluruh venue. ”Hal ini kita lakukan guna memberikan pengamanan kepada para atlet yang datang ke sejumlah venue. Ada 30 personel dishub yang kita siapkan,” ungkapnya.

Maman menyebutkan, pada pelaksanaan PON di Kabupaten Bandung Barat akan dihadiri 859 atlet termasuk dengan official. Bahkan, ada 8 hotel yang akan diisi oleh para atlet dan official. ”Seluruh hotel akan diisi oleh 923 orang. Kebanyakan hotel yang ada di Padalarang dan Lembang karena kebanyakan venue berada di dua lokasi tersebut,” urainya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan