Perpustakaan Usung Tema Cloud Library

bandungekspres.co.id, REGOL – Menyusul rencana Kota Bandung menjadi kota ramah sepeda, kini Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kembali menggandeng PT Pertamina untuk melanjutkan kerja sama bidang perpustakaan.

Ridwan mengadakan pertemuan dengan Marketing Branch Manager PT Pertamina Regional Jawa Barat Susi A. Prasetya di Ruang Rapat Pendopo Kota Bandung belum laman ini. Keduanya fokus pada pembicaraan tindak lanjut kerja sama tersebut.

Pemkot Bandung memang sedang mengkampanyekan pendidikan literasi. Dan yang menjadi sasaran khususnya para pemuda, untuk senang membaca buku. ”Dari 65 negara yang disurvey, Indonesia ada di peringkat 64. Orang Indonesia rata-rata hanya membaca 27 halaman pertahun,” terang Emil. Oleh karena itu, saat ini dia tengah membangun beberapa perpustakaan umum, baik yang berada di tiap kecamatan maupun di taman-taman, salah satunya adalah Cloud Library di Alun-alun Kota Bandung.

”Perpustakaan ini akan melengkapi kawasan Alun-alun Kota Bandung sebagai wahana rekreasi warga. Selain ada tempat bermain dan berinteraksi, ada pula perpustakaan yang juga dapat digunakan sebagai ruang serbaguna. Perpustakaan Alun-alun Kota Bandung ini akan bertema Cloud Library,” ujar Emil.

Material desainnya hampir sama dengan microlibrary di Taman Bima, yakni dengan menggunakan ice cream bucket. Namun konsultan desain dari Suryawinata Heinzelmann Architecture Urbanism (SHAU) akan menambahkan tema awan pada desain interior maupun eksteriornya.

”Isinya nanti dibantu Pertamina yang memang CSR-nya banyak fokus juga ke pendidikan,” tutur Emil.

Emil, menegaskan agar program-program tersebut segera terealisasi, pihaknya akan segera menindaklanjuti kerja sama tersebut dalam waktu dekat bersama Pertamina. ”Kerja sama itu diharapkan berjalan secara berkelanjutan,” imbuh Emil.

Sebelumnya, Pertamina telah menyumbangkan sepeda dalam bentuk corporate social responsibility (CSR) kepada Kota Bandung. Sepeda yang kemudian digunakan untuk memfasilitasi siswa kurang mampu bersekolah dirasakan sangat banyak manfaat. Oleh karena itu, Pemkot Bandung dan Pertamina akan melanjutkan kerja sama tersebut.

”Kita kan sudah melelang 30 halte smart bike sharing, sehingga jalur-jalur sepeda akan kita perbanyak. Sebanyak 32 hotel sudah siap dalam waktu 8 minggu untuk menyediakan sepeda di hotel masing-masing minimal 12,” kata pria yang akrab disapa Emil ini.

Tinggalkan Balasan