Pemkab Akan Dorong Kemajuan Koperasi

bandungekspres.co.id, BATUJAJAR – Pemkab Bandung Barat akan terus mendorong seluruh koperasi agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi koperasi yang sehat, tangguh dan mandiri. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan roda perekonomian yang terus berkembang.

Bupati Bandung Barat Abubakar mengungkapkan, keberadaan koperasi perlu diapresiasi. ”Tapi, di sisi lain, pemerintah daerah juga tidak menutup mata, banyak koperasi yang tidak berkembang,” kata Abubakar usai menghadiri HUT Koperasi ke-69 tingkat Kabupaten Bandung Barat di Batujajar, Senin (22/8).

Pihaknya berkomitmen untuk mendorong koperasi melalui pelatihan untuk bisa maju dan mampu bersaing dengan yang lainnya. Selain itu, pihaknya akan meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan sosial.

Abubakar mencontohkan dengan adanya pameran produk UMKM hasil olahan masyarakat, dianggap sebagai salah satu peran koperasi yang bekerjasama dengan para pelaku UMKM. ”Para pelaku UMKM ini hanya memiliki bahan baku dan pengolahan. Sementara hal yang lainny dilakukan oleh pemerintah,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Koperasi pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat KBB Asep Ruhimat mengungkapkan terdapat 115 koperasi ditambah 100 pelaku usaha dan juga dihadiri 3000 orang yang ikut pada acara HUT koperasi ini. ”Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong semangat koperasi agar lebih berkembang,” katanya.

Ia menyebutkan, saat ini dari total 823 koperasi di Kabupaten Badung Barat, hanya 392 koperasi yang masih aktif dan beroperasi. Sementara, dari 392 koperasi tersebut, hanya 165 koperasi yang sehat dan mandiri.

Diakuinya, memang tidak seluruh koperasi maju, tapi diupayakan ke depan pemerintah daerah mampu mendorong agar koperasi semakin maju. ”ekarang ada aturannya kalau bantuan keuangan dari pemkab ke setiap koperasi itu dilarang. Namun, diganti dengan bantuan pelatihan,” jelasnya.

Pada HUT koperasi ke-69 ini diisi dengan kegiatan gerak jalan, khitanan masal dan juga pameran UMKM. Dengan cara ini, diharapkan dapat menjalin kerjasama sekaligus menumbuhkan semangat para anggota koperasi untuk lebih maju. (drx/nit)

Tinggalkan Balasan