Panitia Tetapkan Sebelas Tim Futsal, Jabar Berada di Grup B

bandungekspres.co.id, PEMBAGIAN grup cabang olahraga futsal untuk PON Jawa Barat 2016 telah digelar di Bandung Minggu (21/8). Berdasarkan hasil pertemuan manajer, telah ditetapkan 11 tim yang bakal mengikuti cabor futsal di PON nanti. Menyusul, Banten yang memilih mundur.

Dari 11 tim itu, panitia pelaksana membaginya dalam dua grup. Grup A dihuni enam tim, sementara grup B diisi lima tim. Berdasarkan hasil undian, juara bertahan Sumatera Barat (Sumbar) tergabung di grup A. Sedangkan tuan rumah Jawa Barat (Jabar) berada di grup B.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Sumbar yang merangkap manajer tim, Yasman Yanusar mengatakan, dalam proses pengundian Sumbar sebagai juara bertahan dan tuan rumah Jabar ditetap sebagai tim unggulan dan berhak memilih grup. Sehingga kedua tim itu tak ikut mencabut undian.

”Jabar ternyata memilih berada di grup B, sehingga otomatis Sumbar sebagai unggulan di grup A. Dan Sumbar juga akan tampil dalam laga pembuka melawan Jawa Timur,” ucap Yasman.

Cabang futsal akan digelar di GOR ITB Jatinangor, Bandung, pada 15-26 September 2016. Namun dalam pertemuan itu, masih ada satu hal yang belum diputuskan, yaitu jumlah pemain dari satu tim. ”PB PON hanya menetapkan 12 pemain, tapi semua tim peserta meminta agar pemain yang diakui masuk tim 16 pemain, sesuai rule of game FIFA tentang futsal,” jelas Yasman.

Terkait peluang Sumbar sebagai juara bertahan, Yasman mengakui semua tim di grup A adalah lawan yang kuat dan semuanya tentunya sudah mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

”Tapi dengan regulasi usia pemain yang dibatasi U-23, menjadikan semua tim punya peluang yang sama. Artinya semua tim akan mulai di garis yang sama, otomatis peluangnya juga akan sama,” pungkasnya. (goal/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan