Satu Pengidap HIV/AIDS Tewas

bandungekspres.co.id, SUKABUMI – Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sukabumi memakan korban. Baru-baru ini, di wilayah Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi satu dari tujuh orang yang dinyatakan positif mengidap HIV/AIDS meninggal dunia.

”Di wilayah Kecamatan Warungkiara, ada tujuh orang yang dinyatakan positif mengidap HIV/AIDS. Satu di antaranya meninggal dunia belum lama ini,” ujar Koordinator Kecamatan Warga Peduli Aids (WPA) Warungkiara, Maman Marsiman kepada wartawan, kemarin (19/8).

Menurut Maman, para pengidap HIV/ADIS ini semuanya berada pada usia produktif. Adapun penyebabnya, diduga selain dari jarum suntik, juga karena akibat hubungan seks bebas.

”Semoga saja, ini menjadi yang terakhir. Kami dari WPA akan terus menyosialisasikan pencegahan HIV/AIDS ini,” jelasnya.

Maman mengatakan, saat ini pihaknya kerap melakukan pendampingan pada enam orang pengidap yang kini masih ada. Selain itu, WPA juga telah melakukan koordinasi dengan Pemkab Sukabumi terkait tindak lanjut dan upaya pencegahan ke depan. ”Kepada enam orang tersebut, tetap kita lakukan dampingan sementara ke masyarakat lainnya kita lakukan imbauan,” singkatnya.

Di kompirmasi terpisah Camat Warungkiara Asep Warsudin mengaku, prihatin dengan nasib tujuh warganya itu. Dengan demikian, dia telah meminta supaya pemerintah desa kompak dan menyosialisasikan bahaya dan pencegahan HIV/AIDS.

”Kami bersama seluruh desa dan WPA Warungkiara saat ini tengah intensif melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar peka dan aktiv mencegah HIV/AIDS,” singkatnya. (udi/rie)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan