Perbasasi Jabar Hanya Mematok Satu Emas

bandungekspres.co.id, CIREBON – Persatuan Baseball-Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Jawa Barat mematok target satu emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Padahal, Perbasasi akan ikuti di semua nomor pertandingan, baik softball putra/putri dan baseball. Namun, hanya tim softball putri yang dibebani target meraih emas.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Umum Perbasasi Jabar, Sri Nuratna Dewi di Kota Cirebon, akhir pekan lalu. ”Kita sudah melakukan pemantauan. Dan tim softball putri, memang memiliki kans lebih besar untuk meraih medali emas,” ujar perempuan bergaya rambut pendek ini.

Menurut Sri, target Perbasasi di PON adalah satu emas dan dua perak. Jika emas menjadi beban softball putri, dua perak diharapkan dari baseball dan softball putra. Sri memastikan, seluruh persiapan sudah maksimal. Dia mengungkapkan bahwa Perbasasi Jawa Barat sudah menjalankan pemusatan latihan sejak Januari 2016. Sebelum itu, lanjut Sri, sejumlah persiapan telah dilakukan.

Termasuk menurunkan tim softball dan baseball dalam babak kualifikasi PON yang dilaksanakan pada Agustus 2015 lalu. ”Kita memang memiliki tiket otomatis ke PON. Tapi ikut babak kualifikasi untuk mengetahui peta kekuatan lawan sekaligus mengevaluasi kekuatan atlet kita,” katanya.

 

Mulanya, Perbasasi sempat kerepotan mempersiapkan diri jelang PON. Terutama persiapan tiga venue pertandingan yang akan digunakan. Pada perhelatan multievent empat tahunan itu, Perbasasi akan menggunakan tiga lapangan.

Softball putri di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), softball putra di Si Jalak Harupat, sementara baseball di Arcamanik. Menurut Sri, Perbasasi sempat khawatir karena proses rebovasi tak kunjung usai.

Apalagi, lapangan softball Si Jalak Harupat baru mulai diperbaiki pada saat bulan puasa. ”Mengenai venue ini sempat membuat kami ketar-ketir. Tapi sekarang sudah aman. Jadi kita tinggal fokus mewujudkan target saja,” pungkasnya (ttr/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan