Tingkatkan Kewaspadaan Lingkungan Keluarga

bandungekspres.coid, LEMBANG – Ketua Dewan Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bandung Barat, Elin Suharliah Abubakar meminta seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan di sekitar lingkungan. Tujuannya agar terhindar dari tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak serta penyalahgunaan narkoba dan minuman keras (miras).

Sebab, diakui olehnya kedua hal tersebut merupakan ancaman bagi keberlangsungan masa depan generasi penerus bangsa. ”Kita harus lebih peka terhadap lingkungan sekitar keluarga kita,” kata Elin kepada wartawan di Lembang, kemarin (9/8).

Menurutnya, tidak sedikit orang-orang terdekatlah yang kerap menjadi pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak serta penyalahgunaan narkoba dan miras. Bahkan untuk para pengguna narkoba dan miras akan mudah terdeteksi. Dimulai dari gerak gerik akan berbeda dengan orang normal lainnya.

Serta kerap menimbulkan perilaku negatif lainnya yang dapat merugikan orang di sekitarnya. ”Jadi, pencegahan adalah solusi terbaik dari permasalahan tersebut,” ucapnya.

Terutama untuk kejahatan seksual terhadap perempuan dan anak yang akan menimbulkan trauma berkepanjangan bagi para korbannya. Meski pelakunya berhasil ditangkap dan mendapatkan hukumannya.

Seluruh anggota keluarga diharapkan bisa lebih peka dalam menganalisa perilaku orang-orang di sekitarnya. Jangan sampai menjadi pelaku atau korban dari dua hal yang dapat menghancurkan keutuhan keluarga tersebut.

Mengenai peran wanita dalam kehidupan sehari-hari, Bupati Bandung Barat, Abubakar menambahkan, keberhasilan dan prestasi suatu bangsa tidak akan lepas dari peran dan sentuhan para wanita.

”Karena dibalik lelaki yang kuat pasti terdapat wanita yang hebat. Dan sentuhan wanita selalu membuahkan hasil karena selalu dilakukan dengan sepenuh hati,” jelasnya.

DWP harus bisa menjadi penopang keberhasilan pemerintahan dengan beri dukungan maksimal terhadap kinerja. Di mana para suami yang mendapatkan amanat menjadi pejabat pemerintah. ”Dengan adanya dorongan dan dukungan dari wanita kepada suami tentu segala cita-cita akan tercapai dan meraih prestasi luar biasa,” pungkasnya. (drx/nit)

Tinggalkan Balasan