Target Tujuh Medali Emas, ISSI Jawa Barat Percayakan Pada MTB dan Road Race

bandungekspres.co.id, IKATAN Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jawa Barat (Jabar) menargetkan sedikitnya tujuh medali emas dalam pagelaran PON XIX/ 2016 Jawa Barat. Target tersebut dipercayakan pada nomor MTB dan Road Race yang dianggap lebih memiliki peluang lebih besar untuk lolos sebagai juara.

Ketua Umum Pengurus Provinsi ISSI Jawa Barat, Ato Hermanto menuturkan,  nomor MTB dan Road Race memang menjadi andalan tim Jawa Barat dan target emas tersebut menurutnya, sangat realistis untuk dicapai. Sebab, selain potensi materi atlet yang levelnya sudah nasional, Jawa Barat yang akan menjadi tuan rumah juga memberikan peluang tersendiri untuk membangun mental atlet.

”Kalau di nomor BMX masih fifty-fifty karena persaingan atlet sangat ketat, apalagi harus berhadapan dengan kontingen asal Jawa Tengah,” urainya,

Jika melihat kesiapan atletnya, Ato menyebut persiapan yang dilakukan sudah sesuai dengan program Pelatda. Saat ini atlet tengah fokus latihan di nomor dan venue masing-masing. Misalnya, atlet nomor MTB sudah latihan di Lembang, BMX di Ciamis dan Road Race di wilayah Bandung.

”Awal Agustus kemarin atlet mulai latihan di venue untuk adaptasi lebih awal dibandingkan kontingen lain,” ungkapnya.

Lebih lanjut, rasa percaya diri ISSI Jawa Barat untuk mengejar koleksi tujuh medali emas, menurut Ato, bukan tanpa alasan. Hal itu, sebutnya, juga didasarkan pada hasil try out yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Atlet binaannya sudah menjalani berbagai model pelatihan. Semisal, pada tim MTB putri saat mengikuti kejuaraan di Malaysia berhasil menjadi juara pertama. ”Insya Allah prestasi dan persiapan atlet bisa dipertahankan sampai nanti gelaran PON XIX,” harapnya.

Di samping itu, Ato menambahkan, dari segi sarana dan prasarana peralatan latihan juga sudah mumpuni, ditambah setiap venue sudah siap digunakan untuk pertandingan PON nanti, hanya tinggal pembenahan seperti pengecatan dibeberapa titik.

”Semua lengkap, mulai dari alat, sepatu dan lainnya sudah bisa digunakan untuk latihan. Tinggal sekarang atlet harus fokus latihan saja agar bisa meraih medali yang ditargetkan,” tandasnya. (arh/JPG/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan