Harga Naik 10 kali lipat, Baru 53,7 Hektar Dari 100 Hektar yang Akan Dibebaskan

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Harga tanah di Desa Cilame Kecamatan Ngamprah naik hingga 10 kali lipat. Hal tersebut disebabkan, karena adanya pembebasan lahan di daerah tersebut.

Menurut kepala Desa Cilame Aas Moch Asor, naiknya harga tanah dibarengi dengan pembangunan perkantoran Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. ”Sebelum Ngamprah dijadikan sebagai Ibukota Kabupaten Bandung Barat, harga tanah di satu lokasi hanya Rp48 ribu/meterpersegi,” Kata Aaskepada wartawan, kemarin (7/8).

Tahun ini, harga tanah naik sekitar 10 kali lipat menjadi  Rp 500 ribu per meter2. Sedangkan untuk tanah di pinggir jalan, kata dia, mengalami kenaikan menjadi Rp15 juta per tumbak (Red, 14 meter2)

Dia mengatakan sembilan tahun yang lalu hanya sekitar Rp 5 juta per tumbak (14 meter2, Red). Dirinya mewajarkan hal ini. ”Ini memang seiring dengan perkembangan lokasi. Tahun ke tahun tanah itu akan terus naik,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sebagian besar tanah yang lokasinya di pinggir jalan sudah berpindah kepemilikan. Tidak lagi dimiliki warga pribumi melainkan oleh warga pendatang ‪dari Kota Bandung dan sekitarnya.

”Kebayakan memang tanah-tanah di Cilame ini untuk investasi saja. Untuk yang sudah dibangun hanya beberapa saja,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, harga tanah yang paling murah berada di Kampung Cibodas sekitar Rp2 juta per tumbak (14 meter2, Red). Hanya saja lokasinya menjorok ke dalam dengan lokasi sekitar masih berupa kebun.

”Kalau untuk tanah kas desa harapan kami jika dibangun oleh pemkab bisa diganti oleh tanah lagi. Sejauh ini kami juga belum mengetahui kapan pembebasannya,” ujarnya.

Sementara itu sebagian tanah di Cilame masuk dalam zona pembebasan untuk pusat pemerintahan. Diantara tanah yang masuk zona berstatus tanah kas desa. Luasnya ‪mencapai sekitar 7.000 meter2 (0,7 hektar, Red) yang tersebar di Kampung Babakan Bilik, Cinangela, dan Cijamil.

Sekretaris Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Bandung Barat Nani Ridariani mengungkapkan, target pembebasan lahan secara total untuk Kantor Pemkab Bandung Barat ini mencapai 100 hektar. ”Kita targetkan bisa membebaskan hingga 100 hektar. Tahun depan akan kita bebaskan untuk tanah di Desa Cilame,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan