Warga Asli Banyuwangi Harus Berkolaborasi

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Masyarakat Banyuwangi yang ada tergabung dalam Ikatatan Warga Banyuwangi (Ikawangi) Kota Bandung menggelar acara halal bi halal. Itu juga bagian dari upaya mempererat tali silahturahmi.

Ketua Ikawangi Slamet Suprapto mengatakan, keberadaan masyarakat asli dari Banyuwangi di Kota Bandung saat ini jumlahnya sangat banyak. Mereka sudah membaur dan hidup rukun dengan warga Kota Bandung

Dia menyebutkan, saat ini warga asli Banyuwangi di Kota Bandung berjumlah 300 lebih. Angka tersebut diprediksi mencapai ribuan jika digabungkan seluruh Jawa Barat.

”Mereka dari berbagai profesi. Harapannya, selalu menjalin tali silahturahmi serta bisa berbaur dengan masyarakat di mana pun mereka tinggal,” jelas Slamet ketika ditemui usai acara halal bil halal Ikawangi di Gedung STT Tekstil, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (30/7) lalu.

Dia mengatakan, sebenarnya warga Banyumas kerap membuat kegiatan silahturahmi. Namun, umumnya berskala kecil. Khusus  untuk halal bil halal, kata dia, tercatat merupakan kali kedua digelar.

Slamet mengatakan, ke depan ikatan ini akan dilakukan pengesahan dengan mendaftarkan ke Kemenkumham. Sehingga berbadan bisa hukum. Menurut dia, saat ini sudah ada dua konsep organisasi yang akan dibentuk yaitu yayasan dan paguyuban. ”Kayanya justru lebih ccocok disebut Paguyuban dan akan segera didaftarkan aktanya di notaris,” tutur dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial yang turut hadir sebagai tamu kehormatan menyambut gembira dengan diadakan acara tersebut. Terlebih Istrinya merupakan warga asli Banyuwangi dari Karangrejo.

”Saya kalau Lebaran sering ke sana (Karangrejo, Banyumas) mudik dan bersilahturahmi mengunjungi keluarga istri saya. Sekarang Kota Banyuwangi itu hebat,” ucap Oded.

Kekagumannya ini, didasari karena Kota Banyuwangi sudah berhasil mengembangkan kota sebagai tujuan pariwisata. Bagi dia, Kota Bandung sudah selayaknya meniru konsep pariwisata yang ada di Banyuwangi.

Terlepas dari itu, Oded memuji dengan keberadaan masyarakat asli Banyuwangi di Kota Bandung. Sebab selama ini masyarakat Kota Banyuwangi memiliki rasa kebersamaan yang tinggi. Apalagi, sekelas Menteri Pariwisata pun hadir dalam acara ini. ”Ini kan sangat positif dan harus menjadi contoh masyarakat Kota Bandung,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan