Barca Termahal Dunia, Liverpool Penuh Tribute

Selain Qatar di bagian dada, di lengan kiri terdapat tulisan Beko. Produsen barang elektronik maupun kebutuhan harian rumah itu membayar 8,8 juta euro (Rp 128,92 miliar) per musim sejak 2014/2015.

Paling besar tentu dari apparel utama Nike yang menyediakan perlengkapan tanding bagi Andres Iniesta dkk seharga 1,24 triliun euro.

Tiga sponsor utama itu saja menghasilkan 128,8 juta euro (Rp 1,88 triliun) pada musim ini, yang nominalnya bisa meningkat menjadi 155 juta euro (Rp 2,27 triliun) pada 2018-2019.  Mahal juga.

Jika Barcelona meluncurkan kostum yang dihiasi sponsor dengan harga wah, Liverpool memamerkan kostum away-nya.

Kostum yang didesain New Balance itu didominasi warna hijau limau yang terkesan ’’beracun dan menggelegar’’.

Di kerah terdapat nama-nama untuk mengenang korban Tragedi Hillsborough yang peringatannya jatuh setiap 15 April.

Bukan hanya itu. Terdapat kutipan dua manajer legendaris The Reds -sebutan Liverpool- Bill Shankly dan Gerard Houllier di bagian belakang kostum.

Kutipan Shankly adalah ’’Liverpool was made for me and I was made for Liverpool (Liverpool tercipta untukku dan aku tercipta untuk Liverpool) dan kutipan Houllier yang berbunyi ’’Liverpool players must play like a lion (Pemain Liverpool harus bermain layaknya singa)”.

’’Begitu eye-catching ketika diturunkan di lapangan,” puji wakil kapten James Milner kepada Daily Mail. ’’Kunci dari kostum ini adalah kenyamanan. Ini bakal menjadi koleksi terhebat tahun ini,” tutur dia. (apu/c4/ham/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan