Cimahi Matangkan Wisata Sejarah

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Upaya Pemkot Cimahi untuk menggarap wisata sejarah terus dilakukan dengan berkoodinasi bersama sejumlah pihak termasuk kalangan TNI sebagai salah satu pemilik aset heritage yang ada di Cimahi.

Kepala Seksi Kebudayaan dan Pariwisata Diskopindagtan Kota Cimahi, Nursaleh mengatakan, upaya mewujudkan program wisata sejarah atau heritage tidaklah main-main dan bukan sekadar mimpi. Pihaknya saat ini terus melakukan berbagai upaya untuk menggarap hal itu.

”Kami sudah mendapat intruksi dari atasan dalam hal ini Walikota. Kemungkinan besar program ini akan mulai dilaunching awal 2017,” katanya saat ditemui disela-sela jelajah Heritage di Jalan Kaum, Cimahi,.

Wisata sejarah menjadi salah satu program yang dipriortaskan untuk direalisasikan agar bisa dinikmati masyarakat baik lokal maupun luar daerah. Terlebih lagi, kata dia, masyarakat dan komunitas heritage sangat mendukung dengan adanya wisata heritage ini.

”Ternyata sangat antusias sekali sehingga kami mempunyai tugas yang sangat bagus untu memprioritaskan kegiatan ini,” katanya.

Berkaitan dengan wisata heritage ini, tentunya tidak terlepas dari keterkaitan militer. Sebab, kebanyakan bangunan-bangunan bersejarah, memang memiliki keterkaitan dengan militer.

Hal itu, lanjut dia, sudah sejak awal dilakukan koordinasi. Yang terbaru, pihaknya sudah menggelar rapat dengan pihak militer dan responnya sangat bagus.

Ketua Komunitas Heritage Cimahi, Mahmud Mubarok menambahkan, potensi wisata sejarah di Cimahi sangat menjanjikan dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi sehingga sayang apabila dilenyapkan begitu saja.

”Kalau dijadikan wisata heritage ini sangat luar biasa. Bangunan-bangunan tua sangat punya nilai tinggi,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, wisata tersebut bisa menjadi ikon baru untuk Kota Cimahi dan layak menjadi andalan sektor pariwisata yang bisa dijual pemerintah daerah. (pem/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan