Cimahi Raih Adipura Keenam

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Kota Cimahi kembali mendapatkan Anugerah Adipura Kirana (Kategori Kota Besar) untuk keenam kalinya. Penghargaan ini diserahkan langsung Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan disaksikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Lapangan  Depan Istana Siak, Jalan Sultan Syarif Kasim, Kabupaten Siak Provinsi Riau, kemarin (22/7).

Wali Kota Cimahi, Atty Suharti mengatakan kesuksesan yang diraihnya ini merupakan hasil kerja keras semua pihak terutama adanya kebersamaan masyarakat. Dengan kata lain, Adipura merupakan keseriusan wilayah untuk bisa membuat kotanya semakin nyaman, asri dan indah.

”Selain itu juga, berkat penanganan aspek penghijauan dan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat. Saya kira ke depan harus terus melakukan kebersamaan yang lebih baik lagi agar Kota Cimahi bisa meningkatkan ekonomi dan sosial,” ucapnya.

Disampaikannya, tidaklah mudah mendapatkan anugerah tersebut terlebih menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan. ”Agar bisa mempertahankannya, program SKPD dituntut untuk berinovasi melakukan penghijauan dan RW. Kemudian bagaimana tokoh menyampaikan PHBS dan melengkapi sarana kota ini agar tetap bersih,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat Cimahi harus berupaya untuk mempertahankan prestasi yang telah diraihnya. Terlebih, penilaian lomba di bidang lingkungan perkotaan ini akan semakin ketat. Adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Adipura telah dilaksanakan setiap tahun sejak 1986, kemudian terhenti pada tahun 1998. Sebelumya Kota Cimahi meraih penghargaan pada tahun  2009, 2010, 2012,2013, 2015. Dan ada peningkatan status dari kategori  kota sedang ke Kota besar. (bun/asp)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan