Aktifkan Kembali Siskamling untuk Pantau Para Pendatang

Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Barat mencatat, jumlah masyarakat Kabupaten Bandung Barat yang mengajukan surat pindah ke luar daerah mulai terlihat pasca Lebaran kemarin. Kepindahan mereka rata-rata untuk urusan pendidikan dan pekerjaan. Namun, hal itu juga diimbangi dengan masuknya pendatang dari berbagai daerah di Jawa Barat ke Kabupaten Bandung Barat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Barat Wahyu Diguna menyatakan, kepindahan warga dan jumlah pendatang hampir sama selama 3 hari pasca Lebaran. Artinya masih seimbang antara yang datang dan yang pindah. ’’Setelah Lebaran memang ada yang pindah dan ada juga yang masuk. Rata-rata tujuannya untuk sekolah dan bekerja. Kita lihat masih wajar jumlahnya karena tidak terlalu signifikan,” ungkap Wahyu.

Wahyu menyebutkan, selama tiga hari terakhir, jumlah warga yang pindah ke luar KBB tercatat sebanyak 29 orang. Mereka rata-rata berusia produktif dan mengajukan pindah ke berbagai daerah tetangga seperti Kota Bandung dan Cimahi, serta berbagai daerah Jawa Barat untuk urusan pekerjaan.

Sementara  warga yang datang ke KBB selama tiga hari terakhir tercatat sebanyak 37 orang. Mereka juga berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat dan datang ke KBB untuk bekerja. ’’Memang rata-rata pindah dan masuk untuk urusan pekerjaan. Kami tidak bisa melarang, tetapi memang mereka harus tertib administrasi dengan melapor ke Disdukcasip,” katanya. (drx/vil)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan