BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Bagi Pemudik

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan kemudahan prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta yang sedang mudik. Para peserta BPJS Kesehatan dapat memperoleh layanan kesehatan dimana saja tanpa harus ada rujukan juga melalui prosedur yang lebih ringkas, hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta.

Oleh karena itu, para pesrta JKN-KIS yang sedang mudik diharapkan selalu membawa kartu JKN-KIS (kartu Indonesia Sehat, kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes dan Jamkesmas).

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Cimahi, dr.Yudha Indrajaya mengatakan, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar Wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. ”Untuk prosedurnya peserta JKN-KIS dapat langsung mengunjungi IGD Rumah sakit terdekat yang ditunjuk oleh kantor cabang,” katanya, saat konfrensi pers di Gedung BPJS Kota Cimahi Jalan Sangkuriang Kota Cimahi, Rabu (29/6) kemarin.

Yudha menambahkan pelayanan tersebut berlaku hanya untuk peserta JKN-KIS yang berstatus aktif. Karena itu, ia menyarankan agar setiap peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin dalam pembayarannya sehingga status kepesertaannya selalu aktif, selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlakukan, BPJS Kesehaatan menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi 24 jam oleh peserta ditiap-tiap wilayah, BPJS Kesehatan juga membuka posko mudik di 5 titik padat pemudik.

”Untuk Wilayah BPJS Kesehatan kantor cabang Cimahi kami telah menunjuk beberapa Runah Sakit untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS diantaranya, RS Mitra Kasih di Jalan Raya Amir Machmud Cimahi dan Rumah Sakit Karisma Cimareme yang berada di Jalan Raya Cimareme Padalarang,” pungkasnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan