Jalur Mudik Lebaran Siap Dilintasi

Seperti halnya PT KAI Daop III Cirebon, yang sudah mulai menerjunkan petugas internalnya untuk melakukan penjagaan selama 24 jam.

Menurut Suparno, khusus untuk Daop III Cirebon, ada dua titik perlintasan yang rawan ambles, yakni wilayah Jatibarang dan Kertasmaya. Sejak 24 Juni lalu, pihaknya sudah mengerahkan petugas internal untuk menjaga didua daerah tersebut. ”Untuk daerah rawan itu kita sudah terjunkan personil dari internal kita. Kalau di Daop III yang rawan ambles cuma dua titik,” ungkapnya.

Suparno juga mengatakan, selain daerah rawan ambles, ada pula daerah yang rawan banjir. Yakni, di daerah Cikampek dan Tanjungrasa. ”Banjir juga kalau hujan saja mas. Banjir ini diakibatkan limpahan air dari fly over yang ada di daerah tersebut,” paparnya.Sementara itu, arus mudik maupun jalur wisata di wilayah Kabupaten Bandung di kawasan Cileunyi sampai Nagrek diprediksi padat pada H-4 atau H-3 Lebaran.

Kasat Lantas Polres Bandung AKP Rezky Satya mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan pengamanan arus mudik Lebaran tahun ini dengan memfokuskan pada pendirian pos terpadu, pelayanan, dan pengamanan di sepanjang jalur mudik dan wisata di Kabupaten Bandung.

”Kami tinggal melaksanakan gelar pasukan karena penempatan personel sudah lengkap, tinggal pembentukan pos. Kondisi arus mudik belum ramai karena masyarakat pun menyesuaikan dengan jadwal liburnya,” kata Rezky kemarin (27/6).

Dia mengungkapkan, mengenai titik kemacetan lalu lintas di jalur mudik Cileunyi-Nagrek yang harus diantisipasi, di antaranya di Cileunyi, Kahatex, perlintasan rel kereta api, dan perbatasan Nagreg dengan Limbangan serta Kadungora.

Di jalur sebaliknya, terowongan lingkar Nagreg yang sering dijadikan tempat berfoto dan Cileunyi menjadi titik rawan kemacetan.

”Sedangkan titik rawan kemacetan di jalur wisata sangat panjang, mulai dari Kopo, Soreang, Alamendah, dan beberapa titik di Ciwidey. Jalur wisata biasanya ramai setelah Lebaran,” ungkapnya.

Kepadatan lalu lintas, lanjut Rezky, akan terjadi di jalur Nagreg merupakan ekor kemacetan di Pasar Limbangan dan Pasar Leles. Hal tersebut ditunjukan saat gladi resik beberapa saat lalu bersama Polres Garut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan