Wales 3 vs Rusia 0, Menangnya Semangat Benua

bandungekspres.co.id – Bintang Wales, Gareth Bale sudah tak sabaran berhadapan dengan calon lawan di 16 Besar. Ya, ini menyusul kepastian Wales menapak fase knock out Piala Eropa 2016.

Dalam matchday 3 melawan Rusia di Stadium de Toulouse, Toulouse, Selasa (21/6) dini hari WIB, Wales menang 3-0. Di klasemen akhir Grup B, Wales menjadi kampiun. Tim kuda hitam ini mengoleksi enam poin hasil dua kemenangan dan sekali kalah. Mereka unggul satu angka dari Inggris, yang pada saat bersamaan ditahan imbang tanpa gol oleh Slovakia.

’’Kami tahu segala sesuatunya ada di pertandingan ini, dan semua ada di tangan kami sendiri. Kami mengatakan sebelum pertandingan, ’ayo, jangan sampai menyesal’,” ujar Bale seusai laga seperti dilansir BBC Sport.

Bale, dengan torehan satu gol di laga tersebut, kini menjadi top skorer sementara Euro 2016 dengan koleksi tiga gol dari tiga laga di fase grup. Bagi dia, laga melawan Rusia menjadi performa terbaiknya bersama Wales.

’’Ini mungkin performa terbaik saya selama bermain bersama Wales. Kami memulai dengan sangat baik, dan kami juga tidak terlalu gugup. Kami ingin berterima kasih kepada fans di sini dan di rumah kami di Wales,” sambungnya.

Soal keberhasilan menjadi pemuncak Grup B, Bale mengaku tak menyangka bisa meraihnya. Kini, dia sudah siap menghadapi salah satu peringkat ketiga terbaik (dari Grup A/C/D) di 16 Besar.

’’Menjadi pemuncak grup, apa lagi yang bisa Anda minta? Kami pernah mengatakan tidak ingin menargetkan angka. Ya, kami pun tidak bisa melakukan lebih dari menjuarai grup. Sekarang, kami menanti siapa calon lawan pada laga berikutnya,’’ ujar Bale.

Sementara tukang racik Wales, Chris Coleman girang luar biasa setelah timnya menekuk Rusia. Coleman langsung berani sesumbar, terlepas dari luas wilayah yang terbilang negara yang kecil, Wales justru memiliki semangat besar. Sebesar sebuah benua.

’’Saya harus mengatakan betapa bangganya saya dengan para pemain. Mereka berani dalam dalam menguasai bola, menciptakan banyak kesempatan, dan bangkit setelah kekalahan telak dari Inggris,’’ tutur Coleman seusai laga dilansir laman UEFA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan