Prancis 0 vs Swiss 0, Campur Tangan Dewi Fortuna

’’Kami sangat bahagia bisa lolos ke babak 16-besar, sesuatu yang tak pernah kami rasakan sebelumnya. Tapi, kami memang pantas untuk lolos dari fase grup setelah mendapat 4 poin dari dua laga awal. Kini, kami bisa beristirahat dengan nyaman dan setelah itu memikirkan laga berikutnya,” imbuh Sommer.

Sang pelatih, Vladimir Petkovic, menyebut timnya layak lolos ke babak selanjutnya. ’’Secara umum saya bisa katakan bahwa kami bermain apik dalam tiga laga di fase grup. Kami pun pantas mendapatkan ini, yakni lolos ke babak 16-besar,” sebut Petkovic.

’’Ketika tim mampu tampil kompak, performa kami selalu baik. Kami masih bisa bermain baik lagi di babak selanjutnya,” tegas Petkovic.

Terkait lawan di babak 16-besar, Petkovic mengaku siap untuk menghadapi siapa saja. Swiss bakal bertemu runner-up Grup C dan tiga tim bisa menjadi lawan mereka yakni Jerman, Polandia, dan Irlandia Utara.

’’Semua calon lawan dari Grup C adalah tim yang kuat. Kami pernah menghadapi Polandia dalam laga persahabatan, Jerman jelas lawan yang luar biasa, dan Irlandia Utara adalah tim yang mengejutkan,” imbuh Petkovic.

Di sisi lain, pelatih Prancis, Didier Deschamps merasa tim asuhannya pantas untuk meraih kemenangan ketimbang hasil imbang. ’’Ketika kiper lawan menjadi pemain terbaik, itu menandakan kami punya banyak peluang,” sesal Deschamps.

’’Dengan sedikit ketenangan dan keberuntungan, kami seharusnya bisa memenangi pertandingan ini,” sambung Deschamps.

Mantan kapten tim nasional Prancis tersebut juga memuji apa yang ditampilkan oleh Granit Xhaka dkk. Meskipun, Deschamps menyebut Prancis lebih banyak memiliki peluang.

’’Secara teknik, Swiss bermain dengan sangat baik, tapi kami punya kesempatan terbaik. Kami tidak bisa mengatakan mereka punya banyak peluang,” ujar Deschamps.

Pada kesempatan yang sama, Deschamps mengatakan jika dirinya akan langsung mempersiapkan timnya untuk menghadapi babak 16-besar yang akan dimulai pekan depan.

’’Saya sadar kami bisa tampil lebih baik. Namun babak selanjutnya akan dimulai dari sekarang bagi kami. Itu akan dimulai pekan depan dan kami memiliki waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan diri,” pungkasnya. (zul/epr/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan