oleh

Terapi Ozon Ini Bikin Masalah Bau Mulut Hilang

PENTING menjaga kesehatan gigi dan mulut jelang Lebaran. Apalagi, masalah yang kerap dialami hampir semua orang, yaitu masalah bau mulut. ”Dalam dunia kedokteran, keluhan bau mulut dikenal dengan istilah halitosis. Masalah ini sangat menggangu karena berdampak tidak menyenangkan ketika harus melakukan interaksi sosial. Pada akhirnya bisa menurunkan rasa percaya diri,” ujar drg David Andreasmito dari Jet-Z Dental Aesthetic Clinic.

David menjelaskan, penyebab bau mulut alias halitosis ada dua, yaitu 80 persen karena permasalahan di rongga mulut dan 20 persen karena masalah pencernaan. Dari sifatnya, bau mulut ada yang bersifat fisiologis (wajar) dan patologis (penyakit). Dia mengatakan, bau mulut yang bersifat fisiologis tidak membutuhkan perawatan khusus. Contoh morning breath, bau nafas saat bangun pagi. Bau nafas yang kurang sedap pada kondisi ini disebabkan tidak aktifnya otot-otot di rongga mulut dan berkurangnya aliran saliva (air ludah) ketika tidur.

Baca Juga:  Rp500 Juta, BNI Kucurkan Beasiswa Penuh kepada Seorang Mahasiswa Kedokteran Unjani

”Masalah ini simpel solusinya, yaitu bisa diatasi dengan hanya mengunyah, berkumur atau menyikat gigi,” ujar alumnus Fakultas Kedokteran Gigi Unair Surabaya ini. Sedangkan, bau mulut patologis harus diatasi secara khusus. Tergantung penyebab yang beragam masalah. Antara lain, karang gigi yang bisa timbul akibat pembentukan garam yang disebabkan pertemuan air liur yang bersifat basa dan sisa-sisa makanan yang bersifat asam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga