Jalur Non Akademik Jangan Disalahgunakan

bandungekspres.co.id, CIMAHI – DPRD Kota Cimahi meminta masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Cimahi bisa berjalan dengan lacar tanpa adanya gejolak. Hal ini seperti diungkapkan anggota DPRD Kota Cimahi asal Fraksi Partai Nasdem Enang Syahri Lukmansyah, kemarin (15/6).

Dirinya mengatakan, gejolak saat pelaksanaan PPDB harus dihindari, menyusul diterbitkannya Peraturan Gubernur Nomor 21 Tahun 2016  dan Peraturan Wali Kota (Perwal) momor 13 tahun 2016, yang menyebutkan jika pada PPDB tahun ini untuk jalur non akademik diberikan kuota 20 persen dari jumlah pesert didik baru. ”Jika tak diperjelas, hal ini menjadi bias, karenanya semua pihak harus konsisiten dengan aturan PPDB yang telah ditentukan,” terangnya disela Verifikasi Partai Nasdem, di Jalan Haji Haris, Kelurahan Baros, kemarin.

Disebutkannya, jika tahun lalu dalam jalur afirmasi hanya diberlakukan untuk masuk ke SD Baros Mandiri 2, SMPN 3 dan SMAN 2 Cimahi, pada tahun ini seluruh sekolah negeri di Cimahi diperbolehkan menerima siswa melalui jalur afirmasi. Lewat jalur afirmasi ini, masyarakat yang kurang mampu dan memiliki kemampuan nalar yang bagus memiliki hak untuk diterima di sekolah terdekat. ”Kami berharap pihak sekolah atau panitia PPDB di sekolah untuk berlaku obyektif, jangan sampai afirmasi disalahgunakan, dan menghilangkan hak orang miskin yang pintar,” katanya.

Tak hanya itu kata Enang, pada jalur non akademik bidang prestasi siswa, harus lebih selektif. ”Jangan sampai orang yang datang ke sekolah tak memiliki kemampuan dilolosakan hanya karena memiliki sertifikat saja. Jalur ini harus diberikan kepada orang orang yang memiliki kemampuan, Disdikpora harus memberikan informasi seluas-luasnya tenatang PPDB ini,” ujarnya.

”Saya mendapat laporan ada masyarakat yang ingin mendapatkan informasi PPDB, beberapa pejabat Disdik malah menghindar, seharusnya berikan informasi seluas-luasnya tatakala masyarakat meminta penjelasan,” imbuhnya.

Dikatakan Enang, Kota Cimahi hanya mengandalkan dari Sumber daya Manusaia (SDM). Pengembangan mutu SDM ini bisa didapatkan melalui pendidikan, karenanya berikan kesempatan kepada masyarakat Kota Cimahi untuk menikmati pendidikan secara luas.”Kami berharap agar kualitas pendidikan di Kota Cimahi ini bisa merata dan memberikan kesempatan kepada siswa miskin yang pandai untuk mengenyam pendidikan yang lebih bagus,” pungkasnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan