Dompet Dhuafa Jawa Barat Gelar Talkshow Ramadan ”Manisnya Iman”

bandungekspres.co.id – KOMUNITAS Al Fityah Bandung bekerja sama dengan Dompet Dhuafa Jawa Barat menggelar acara Talkshow Ramadan bertema ”Manisnya Iman saat Kita Mengenal Hijrah” di Masjid Raya Bandung, Jalan Asia Afrika, Minggu (12/6). Tujuan kegiatan ini di antaranya untuk mengajak kembali masyarakat agar mendekatkan diri kepada Allah SWT, memakmurkan masjid serta mempererat ukhuwah islamiyah.

Selain acara inti, talkshow bersama Reza (ex. NOAH) dan Caesar (ex. YKS), acara ini pun  meliputi tasmi (menyimak) Al-Qur’an yang dibacakan oleh Yashin Al Fadhani,10, (hafidz 30 Juz). Sementara di luar masjid panitia membuka stand layanan  kesehatan gratis, cek bacaan Al-Qur’an dan gerai zakat Dompet Dhuafa Jabar.

Ketua Pelaksana program Ramadan Dompet Dhuafa Jabar Ega Wiguna menjelaskan, alasan ketertarikan  kerja sama ini karena  adanya keselarasan dengan komitmen Dompet Dhuafa Jabar dalam membentuk karakter sumber daya manusia, salah satunya dengan membentuk program dakwah. Acara pun terselenggara berkat adanya kerja sama dengan beberapa pihak, yaitu komunitas Qur’anic Generation (Q-Gen), Keluarga Mahasiswa Islam Universitas Widyatama (KaMI Utama), Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran Unisba, dan Depkis BEM FK Unisba.

Acara berlangsung ramai dan lancar sejak dibuka pukul 14.00 hingga 17.45 atau menjelang berbuka puasa. Animo masyarakat pun sangat tinggi. Lebih dari 150 orang pengunjung turut hadir mengikuti jalannya acara. Bahkan sejak awal dibukanya stand kesehatan gratis di selasar Masjid, para pengunjung rela antre demi mendapatkan pelayanan tersebut.

”Rata-rata partisipan layanan kesehatan ini berusia 30 tahun ke atas, jarang ada yang muda-muda. Keluhannya pun hanya seputar pegal-pegal,” kata Fadli, mahasiswa Kedokteran Unisba, selaku koordinator layanan kesehatan.

Dengan adanya acara semacam ini, diharapkan mampu memfasilitasi masyarakat agar dapat mempelajari dan memperdalam ilmu agama Islam. Dikemas secara sederhana berupa obrolan santai, namun berkesan dan mendidik para pengunjung.

Nino, 65, salah satu peserta acara asal Tegalega merasakan secara langsung manfaat acara ini. ”Biasanya saya ke sini (Masjid Raya Bandung) buat ikut pengajian. Tapi karena lihat ada acara ini ya jadi ikutan. Acaranya mendidik dan jarang ada acara seperti ini di sini,” tutur perempuan paruh baya itu antusias. (adv/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan