Hamilton Rebut Pole Position, Rio Menabrak Dinding Pembatas

bandungekspres.co.id – Pembalap Indonesia, Rio Haryanto, harus memulai balapan Formula 1 GP Kanada dari posisi start ke-21 akibat menabrak dinding pembatas Sirkuit Gilles-Villeneuve pada sesi kualifikasi pertama, Sabtu (11/6).

Pembalap Manor Racing Team itu mencatatkan waktu 1 menit 17,052 detik dan gagal lanjut ke sesi kualifikasi berikutnya. Dia start dari posisi ke-21, hanya di depan satu pembalap, Kevin Magnussen dari Renault, yang absen pada sesi kualifikasi.

Rio sejatinya mengawali sesi kualifikasi dengan baik. Dia sempat berada di posisi ke-9 dengan torehan waktu 1 menit 19,661 detik setelah 3 lap.

Catatan ini jauh lebih baik daripada rekan setimnya, Pascal Wehrlein yang menorehkan waktu 1 menit 25,686 detik dengan jumlah lap yang sama.

Bahkan, Rio kemudian memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 17,052. Namun, Wehrlein mampu mencatatkan waktu lebih cepat yakni 1 menit 16,155 detik.

Pada akhir sesi kualifikasi pertama, Rio bernasib nahas. Dia menabrak dinding pembatas pada tikungan keempat. Alhasil, dia gagal mempertajam catatan waktunya dan tersingkir di kualifikasi pertama.

Sementara, pole position GP Kanada direbut pembalap Mercedes GP, Lewis Hamilton, yang mencatatkan waktu 1 menit 12,812 detik.

Nasib lebih baik didapat Wehrlein, yang bakal start ke-18 setelah mencatatkan waktu 1 menit 15,599 detik.

Pada sesi kualifikasi kedua, bendera merah sempat dikibarkan akibat insiden yang dialami pembalap Torro Rosso, Carlos Sainz Jr.

Pebalap yang juga gagal menembus sesi kualifikasi ketiga adalah Sergio Perez, Jenson Button, Daniil Kvyat, Esteban Gutierrez, dan Romain Grosjean.

Pada balapan yang berlangung Minggu (12/6), Hamilton start terdepan berkat keunggulan 0,062 detik atas rekan setimnya, Nico Rosberg, yang menempati posisi kedua. Sementara, pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, akan start dari posisi ketiga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan