Uruguay 0 vs Venezuela 1, Pil Pahit Los Charrúas

bandungekspres.co.id – Uruguay harus menelan pil pahit di pesta 100 tahun Copa America, Centenario.

Melakoni laga kedua kualifikasi Grup C di Lincoln Financial Field, Philadelphia, Jumat (10/6), Uruguay keok 0-1 dari Venezuela.

Satu-satunya gol yang tercipta di laga ini diciptakan oleh Jose Salomon Rondon. Pemain yang membela West Bromwich Albion itu menjebol gawang Uruguay yang dijaga Fernando Muslera pada menit 36.

Meski tanpa Luis Suarez, Uruguay yang berusaha mencari gol penyeimbang kemudian bermain lebih agresif. Sejumlah peluang didapatkan Edinson Cavani maupun Cristian Stuani. Namun semua mentah, tak mendulang hasil.

Kekalahan ini membuat Uruguay tersingkir usai menelan dua kali kekalahan (sebelumnya takluk 1-3 dari Meksiko). Usai laga Uruguay versus Venezuela ini, di bench Uruguay tampak Luis Suarez masih tak percaya timnya angkat koper begitu cepat. Suarez yang belum dimainkan di Centenario karena masih dalam pemulihan cedera, terlihat hanya bisa terdiam dan sesekali garuk-garuk kepala.

Pelatih Uruguay Oscar Tabarez memberikan penjelasannya terkait ketidakhadiran Luis Suarez. Menurutnya, pemain bergigi kelinci tersebut masih mengalami cedera hamstring, sehingga dirinya tidak ingin mengambil risiko besar.

’’Seperti yang pernah saya katakan sebelumnya, Suarez tidak siap untuk bermain. Ini adalah masalah, dan meskipun ia marah saya tidak akan pernah memainkannya jika kondisinya tidak 100 persen,” tutur Tabarez seperti dikutip Soccerway.

Sementara buat Venezuela, kemenangan ini membuat mereka berhak atas selembar tiket perempat final, paling tidak sebagai runner up grup. ’’Kami tampil tanpa beban. Semua orang tak percaya dengan keberhasilan ini. Bahkan, beberapa petinggi federasi sepak bola kami. Tetapi, keberhasilan ini bukanlah keberuntungan. Kami bekerja keras untuk mendapatkannya,” ungkap pelatih Venezuela, Rafael Dudamel.

’’Para pemain kami tak bertarung dengan kepala tertunduk. Itu bukan sepak bola Venezuela. Ini adalah cinta, keinginan untuk bertarung dan memenangkan pertandingan. Ini Venezuela yang sesungguhnya,’’ dia menambahkan.

Venezuela bakal melakoni pertandingan terakhir di Grup C dengan menghadapi Meksiko di NRG Stadium, Houston, Senin (13/6). Andai memenangkan pertandingan nanti, Venezuela bakal melenggang ke babak perempatfinal dengan status sebagai juara grup. (adk/vil)

Tinggalkan Balasan