Cabai Rawit Naik Rp 1 Ribu Per Kilogram

Menurut Elly, peningkatan pemotongan sapi memang terjadi saban menjelang Ramadan. Dalam satu hari, biasanya RPH memotong hingga 100 ekor. Fenomena setiap tahun menjelang Ramadan terutama H-3 bisa mencapai 200-300 ekor.

Selain antisipasi pasokan daging, pihaknya juga memantau ke lapangan terkait mutu pangan. Sehingga diharapkan tidak ada bahan pangan yang tercemar. ”Kita tidak mau ada bahan kimia yang dicampur ke daging atau misalkan ada daging celeng yang dicampur dengan daging sapi,” ungkapnya.

Elly menuturkan petugas terus memantau ke lapangan. Hingga saat ini, belum ada lonjakan harga serta ketersediannya juga masih stabil.

Sementara menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dirinya akan melakukan operasi pasar, walaupun begitu kegiatan pemda sangat terbatas. ”Karena untuk mengendalikan harga itu merupakan tanggung jawab pemerintah pusat, tapi setiap ada potensi krisis eskalasi yang tidak masuk akal pasti kita melakukan operasi pasar,” katanya.

Dia menegaskan, pihaknya akan hadir ketika para ibu-ibu khawatir terkait kenaikan harga. Dia juga menegaskan, menjelang Lebaran, perubahan harga tidak akan terjadi terlalu drastis. (nit/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan