12 ABK Bersaing di SBM PTN, Prodi Kedokteran Paling Diminati

Dari data tersebut, jika dibandingkan dengan SBM PTN 2015, ilmu komunikasi dan ilmu hukum mengalami penurunan pendaftar. Pada tahun lalu, ilmu komunikasi dan ilmu hukum mencapai empat ribu pendaftar. Disusul dengan pendidikan dokter sekitar 4.020 orang, lalu Managemen sekitar 3.885 orang dan Managemen Komunikasi sekitar 2.944 orang.

Menurut Rektor Unpad Tri Hanggono, terdapat lima prodi yang tingkat keketatannya tertinggi. Di antaranya Televisi dan Film (1:63), Managemen (1:55 ) dan Teknik Informatika (1:54). ”Untuk jumlah peserta yang memperoleh beasiswa bidikmisi sejumlah 422 orang atau sekitar 13,7 perern dari total peserta yang lolos SNM PTN,” ucapnya.

Mengenai biaya, Unpad tidak menubah biaya penyelenggaraan pendidikan di tahun sebelumnua. Untuk uang kuliah tunggal dibagi ke dalam ke dalam lima kelompok, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 13 juta. Uang tersebut tergantung ke dalam kemampuan masing-masing orangtua para peserta.

Mengenai beasiswa bagi fakultas kedokteran, pihaknya mengatakan bagi kota/kabupaten di Jawa Barat yang sudah memberikan beasiswa pihaknya mengapreasi. Akan tetapi, guna tidak terjadinya hal tidak diinginkan, seperti setelah lulus tidak menjadi dokter di tempat asalnya, pihaknya membuat formulasi. ”Sehingga, nanti setelah lulus mahasiswa kedokteran bisa ditempatkan di daerah yang kurang dokter,” tegasnya.

Sedangkan, penyelenggaraan SBM PTN di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) masih menyisakan ujian mandiri. Hal itu diperuntukan bagi para pendaftar yang masih berkeinginan mendaftar ke UPI.

Menurut Rektor UPI Furqon, UPI masih menyediakan 30 persen dari kouta mahasiswa baru untuk masuk melalui ujian mandiri. ”Hal itu dilakukan guna menyubsidi silang kepada mahasiswa lainnya yang kurang mampu,” ucapnya.

Dia mengatakan, saat ini berdasarkan pendaftaran SBMPTN, terdapat beberapa prodi dengan tingkat pendaftar cukup tinggi. Di antaranya, prodi Ilmu Komunikasi sekitar 2.774 orang, prodi managemen sekitar 2.254 orang dan Prodi Psikologi sekitar 1.726.

Akan tetapi, terdapat prodi lainnya yang masih minim peminat. Di antaranya bahasa Prancis, PG Paud serang dan Purwakarta.

Berbeda dengan Unpad, Institut Teknologi Bandung (ITB) menyediakan kouta SBM PTN sekitar 40 persen. Dengan kata lain, kouta penerimaan SNM PTN lebih banyak, yaitu sekitar 60 persen. Daya tampung SBMPTN sekitar 1.500 orang dan SNM PTN sekitar 2.308 orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan