Disyanjak Wujudkan SIPP

Menyoal spesifikasi kerja sama dengan BPN, dikatakan Ema, berawal dari mencuatnya perbedaan perhitungan nilai lahan. Selama ini, zona nilai tanah harganya dihitung sebatas berdasarkan data lapangan dan mengacu pada NJOP, Padahal, perhitungan BPHT akan lebih besar bila melalui perhitungan NPOP.

”Perbandingan angka moderatnya satu berbanding tiga. Maka, dengan NPOP Pendapatan pajak BPHTB akan meningkat dua kali lipat,” tutur Ema.

Sementara dalam menunaikan amanat Peraturan Daerah (Perda), salah satunya mewajibkan pajak online. Disyanjak Kota Bandung, kata Ema, melakukan kerja sama bersama Bank bjb, terkait pengadaan Tapping Box.

Dari rencana 200 Tapping Box yang akan disediakan bjb, memang baru satu yang terealisasi. ”Barang itu hari ini akan diberikan,” imbuh Ema.

Sedang Tapping Box yang menjadi kewajiban Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung, sejauh ini belum dapat direalisasikan. ”Sebanyak 300 buah Tapping Box masih terkendala lelang. Tetapi, ke depan tidak ada alasan, pengadaan Tapping Box harus diwujudkan,” ujar Ema.

Menurut dia, Tapping Box berpotensi hasilkan pembayaran yangg kongkrit. ”Pajak sifatnya wajib dan memaksa kepada konsumen karena pendapatan di atas Rp 10 juta,” ucap Ema.

”Hal ini sangat penting karena meningkatkan cakupan kualitas pembangunan,” katanya. (edy/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan