Mou Bakalan Beli Siapa?

Restorasi di posisi bek tengah yang akan menjadi fokus utama Mourinho. Van Gaal pada musim ini lebih sering memercayakan posisi tersebut kepada duet Chris Smalling dan Daley Blind. Hanya, dua pemain tersebut memiliki kelemahan utama sebagai tembok di jantung pertahanan.

Angka 61,3 persen kegagalan dalam duel udara menunjukkan Blind sebagai salah satu titik lemah saat United menghadapi bola-bola lambung. Sedangkan Smalling lebih lemah dalam mengontrol bola. Makanya, 40 persen dari total anggaran 200 juta pounds itu hanya untuk membenahi lini pertahanan.

Demi memboyong John Stones dari Everton dan Raphael Varane dari Real Madrid, disediakan kocek senilai 80 juta pounds (Rp 1,58 triliun). Demi bagusnya Stones dalam duel udara, United memberikan tawaran 45 juta pounds (Rp 893,4 miliar). Lalu, 35 juta pounds (Rp 694,9 miliar) sisanya untuk kontrol bola Varane.

Dari daftar buruan Mourinho, hanya Stones pemain yang tidak memiliki kedekatan dengan pelatih 66,01 persentase menangnya sepanjang melatih itu. Varane, Willian, dan Zlatan Ibrahimovic adalah mantan anak buah Mourinho. Dan, ketiganya berpotensi menjadi gerbong di belakang Mourinho.

Willian dan Mourinho sudah bersama pada musim panas 2013. Meski sama-sama punya insting menyerang dari sisi kanan yang bagus, Willian lebih bertenaga ketimbang Mata. Melihat tren permainan Chelsea atau Real yang lebih banyak menyerang dari sisi sayap, Willian merupakan pilihan terbaik.

Terlepas dari tiga nama tersebut, kedatangan Ibrahimovic yang paling ditunggu. Ibra diharapkan bisa menambah daya dobrak United. ’’Tugas mengembalikan klub ini sebagai klub raksasa sekarang ada di tangan saya,” ujar pelatih dengan tiga gelar juara Premier League itu.

Meski begitu, tantangan ada di depan Mourinho. Pinggirkan dulu citra Mourinho yang kerap menjadi pancingan bagi bintang besar setuju dengan tawaran bergabung di klubnya. Ingat, Chelsea sudah dua musim terakhir ini menggantung asa Mourinho untuk mendapatkan Stones.

Walaupun hanya menjadi pilihan ketiga di Los Blancos, julukan Real, Varane paham benar bahwa Zinedine Zidane sebagai sesama orang Prancis tidak akan meninggalkannya musim depan. Real sudah menolak tawaran pertama United. Tawaran kepada Willian ke Chelsea pun ditolak klub yang akan diasuh Antonio Conte musim depan itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan