Diklaim Bukanlah Ajang PON Tandingan

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman S. Sunjaya mengungkapkan, pemerintah daerah akan menggelar 4 PON bersamaan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat. Namun, keempat PON bukan sebagai tandingan melainkan PON dengan makna yang berbeda.

Diutarakannya, keempat PON yang dimaksud itu yakni PON Oncom (Pekan Olahan Oncom Nasional), PON Batu Akik Oncom (Pekan Berbagai Jenis Batu Akik/Oncom Nasional), PON Batik Oncom (Pekan Batik Oncom Nasional) dan PON Otomotif (Pekan Otomotif Nasional). ’’Jadi maksudnya bukan menandingi PON yang digelar di Jawa Barat. Tapi, lebih ke arah kita meramaikan penyelenggaraan PON di Kabupaten Bandung Barat,’’ kata Maman, di sela-sela Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Ballroom Lantai 4 Gedung B SKPD Pemkab Bandung Barat, Ngamprah, kemarin.

Adapun maksud lain diadakannya ke empat PON itu, lanjut dia, untuk memperkenalkan KBB di tingkat Nasional sebagai daerah wisata di Jawa Barat. Pasalnya, PON yang digelar empat tahunan ini, selain KBB harus sukses meraih prestasi juga harus sukses ekonomi. ’’KBB ini sebagai salah satu daerah yang ditunjuk untuk menyelenggarakan PON dengan 5 venue. Dimana kelima venue ini bisa dijadikan ajang promosi wisata KBB. Karena untuk venue panjat tebing dan downhill itu berada di kawasan wisata di Lembang,’’ ungkap Maman yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Sub PB PON Kabupaten Bandung Barat.

Sedangkan pelaksanaan keempat PON itu akan dilaksanakan bersamaan dengan PON XIX Jabar yakni 19-27 September 2016. Dengan lokasi di pusatkan di Lapangan Plaza Mekarsari Komplek Perkantoran Pemkab Bandung Barat di Ngamprah dan sejumlah objek wisata di KBB.’’Lokasinya di Lapangan Plaza Mekarsari, salah satunya kita ingin memerkenalkan perkembangan pembangunan KBB yang sudah memasuki usia 9 tahun,’’ ujarnya.

Maman menjelaskan, sebanyak 72 atlet dan ofisial ikut menjadi bagian kontingen Jabar pada PON XIX ini. Sehingga, KBB pun siap mensukseskan Jabar menjadi Jabar Kahiji. Hal itu mengingat raihan Jabar pada PON XVIII/2012 di Riau, menjadi runner up atau peringkat kedua dari DKI Jakarta yang menjadi Juara Umum dengan hanya selisih 11 raihan medali emas. ’’Tentunya atlet dari Kabupaten Bandung Barat banyak yang berkualitas. Makanya kami yakini Jawa Barat akan menjadi juara umum dan sukses menyelenggarakan PON khusus untuk venue di KBB,’’ ungkapnya.

Tinggalkan Balasan