Tim Futsal Jabar Fokus Taktik dan Strategi

bandungekspres.co.id – USAI Liga Futsal Indonesia pada awal Juni mendatang, Tim Pelatda Futsal Jawa Barat akan memasuki tahap persiapan khusus. Pada masa pemusatan latihan (training center/ TC) itu, tim akan fokus pada strategi dan persamaan persepsi. Sekarang, sejumlah pemain yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat, masih mengikuti liga membela timnya masing-masing.

”Beberapa pemain masih ada yang bermain membela klubnya karena liga masih berjalan dan final four baru akan dimulai. Hampir semua pemain di tim adalah pemain profesional. Sekarang adalah latihan perdana,” kata Panca Fauzi, Pelatih Tim Pelatda Futsal Jawa Barat di GOR Futsal Queen, Jalan Brigjen Katamso Kota Bandung, belum lama ini.

Pada tahap persiapan umum, karena hampir semua pemain bermain di liga, tim pelatih hanya me-maintenance program dan mengumpulkan pemain pada waktu-waktu tertentu. ”Tahap persiapan umum dilakukan masing-masing pemain di klub karena kompetisi sedang berjalan. Kalau soal fisik sudah teruji di liga yang sudah berlangsung tujuh bulan. Jadi, nanti semua pemain dikumpulkan langsung saat TC,” kata Panca.

Dia menilai, para pemain yang tergabung di Tim Pelatda Futsal Jawa Barat bermain di liga adalah sebuah keuntungan. Apa sebab? Menurut Panca, keterlibatan mereka di kompetisi futsal kasta tertinggi di Indonesia akan menjadi modal mental saat berlaga di PON.

Hal senada dikatakan wakil manajer Oce Permana. Menurut dia,  dari segi persiapan, manajemen mengijinkan pemain ikut liga karena persiapan dari awal sudah mantap dan kondusif. ”Di Jabar ada banyak pemain liga yang sudah siap dan mantap, makanyha saat itu kami izinkan. Meski begitu, pada hari libur mereka tetap dikumpulkan dan latihan di Pelatda. Setelah liga selesai tidak akan diijinkan lagi dan fokus dikumpulkan di tim PON,” ujarnya.

Oce mengungkapkan, kondisi tim benar-benar kondusif dan tidak ada kesenjangan di antara pemain. Begitu pun dengan kekompakan dan kebersamaan tetap berjalan dan terjalin dengan baik. Bahkan, kebutuhan asupan vitamin untuk pemain sudah diprogramkan sebagaimana mestinya. Sejauh ini, pemain yang tergabung di tim sebanyak 16 orang dan akan didaftarkan 14 pemain pada entry by name.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan