oleh

Progress Proyek BIJB di Bawah 50 Persen

bandungekspres.co.id, MAJALENGKA – Komisi III DPRD Majalengka mendorong percepatan pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Hal itu mengingat sudah cukup besar dana yang digelontorkan pemerintah provinsi, akan tetapi progres pembangunannya belum sampai 50 persen.

Anggota Komisi III Ali Imron AMd mengatakan, pembangunan sisi darat di BIJB tengah dijalankan pemerintah provinsi. Sedangkan pembangunan sisi udara bagian pemerintah pusat. Berdasarkan pantauan dan progres repor dari PT BIJB, secara keseluruhan progress pembangunannya belum mencapai 50 persen.

”Sehingga jika target beroperasinya BIJB dicanangkan tahun 2017. Melihat kondisi saat ini kecil peluangnya hal itu bisa terwujud. Kalau target pengoperasiannya masih keukeuh di 2017, harus ada percepatan pelaksanaan pembangunan konstruksinya,” kata politisi PPP ini.

Namun yang menjadi persoalan adalah belum seluruhnya kebutuhan lahan untuk pembangunan BIJB tersebut termanfaatkan. Sebab, masih ada beberapa ratus hektare lahan yang masih dalam proses ganti rugi. Sehingga para pelaksana pembangunan konstruksi di BIJB tersebut belum bisa memulai pengerjaannya.

”Kalau urusan pembebasan lahan, silahkan diselesaikan secepatnya. Supaya ketika proses pembebasannya sudah clear, bisa lekas dikerjakan pembangunannya. Untuk urusan pembebasannya, silahkan pihak terkait yang menyelesaikan dengan masyarakat pemilik lahan. Kita (komisi III, Red) tidak punya fungsi pengawasan ke sektor pembebasan lahan,” paparnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.