Belajar Pembuatan Berita hingga Naik Cetak

bandungekspres.co.id, KIARA CONDONG – Puluhan mahasiswa Universitas Kebangsaan Kota Bandung mengunjungi Kantor Redaksi Harian Bandung Ekspres di Jalan Soekarno Hatta No 627 kemarin (12/5) malam. Kunjungan tersebut untuk memahami lebih dalam tentang dunia jurnalistik.

Dwi Nawati, salah seorang mahasiswa semester VI Jurusan Jurnalistik Fikom Universitas Kebangsaan mengaku senang bisa langsung melihat bagaimana cara pembuatan sebuah berita. Dia jadi tahu proses penyusunan berita yang dilakukan wartawan hingga naik cetak.

’’Ternyata sulit juga yah untuk bisa menghasilkan sebuah tulisan. Apa yang terjadi di lapangan tak seperti yang dibayangkan,’’ kata Dwi saat kunjungan kemarin.

Dia mengungkapkan, kunjungannya ke Redaksi Bandung Ekspres menambah pengetahuan tentang struktur kewartawanan. Serta bagaimana perjalanan seorang wartawan di lapangan dalam mencari sumber berita untuk dipublikasikan.

’’Tanpa adanya wartawan, tentu masyarakat tidak akan mengetahui bagaimana perkembangan sebuah isu di tanah air ini,’’ ungkapnya.

Dia pun menjadi paham resiko seorang wartawan. Dari diskusi bersama pimpinan Redaksi Bandung Ekspres, mahasiswa mengerti bagaimana tantangan seorang wartawan.

Sebagai wartawan, resiko besar akan terjadi apabila ada salah seorang sumber yang tidak bisa menerima hasil tulisan. Sehingga bisa saja dapat mengancam kepada wartawan maupun keluarganya.

”Besarnya resiko yang ditanggung seorang wartawan saat menulis sebuah berita dapat membahayakan dirinya maupun keluarganya. Diharapkan pemerintah bisa lebih menjamin keselamatan wartawan. Sehingga wartawan akan lebih leluasa dalam menyuarakan kebenaran,” pungkasnya. (dn/fik)

Tinggalkan Balasan