oleh

Fokus Tangani Banjir Bandung Timur

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung focus mengatasi banjir di beberapa titik, terutama di kawasan Bandung Timur. Titik yang selalu tergenang banjir kala hujan lebat di antaranya Margahayu Raya dan Gedebage.

Kawasan Bandung memang menjadi langganan banjir. Hal ini sangat menggaganggu aktivitas warga. Kepala Bidang Pengairan DBMP Kota Bandung Sihar Pandepotan mengatakan, faktor utama penyebab terjadinya banjir di kawasan tersebut adalah sistem drainasi yang tidak berjalan optimal. Karenanya, saat hujan besar yang turun tidak mampu tertampung dan menggenangi jalan.

Baca Juga:  Kecamatan Bandung Wetan, Wilayah yang Paling Rendah Terpapar Covid-19 se-Kota Bandung

”Jadi penanganan intinya adalah saluran-saluran air dari perumahan kita coba lancarkan masuk ke sungai besar,” katanya saat dihubungi belum lama ini. Untuk penanganan jangka pendek, ia mengaku akan memperbanyak mesin pompa sebagai antisipasi dini. Jadi saat hujan deras, air dapat langsung dipompa ke tempat lain.

”Dalam jangka pendek, ada beberapa pekerjaan, salah satunya sumbangan bikin pompa pake saluran paralon yang disalurkan ke rel sampai ke sungai, Jalan Gedebage,” ujarnya.

Baca Juga:  Malam Takbiran, Ngatiyana Pantau Sejumlah Pos Pam Penyekatan di Kota Cimahi

Sementara untuk, jangka panjang, ia mengatakan pihaknya tengah mendata lokasi drainase yang buruk dan menimbulkan banjir. Sehingga dalam perbaikannya dapat sekaligus. Selain itu pendataan dimaksudkan agar petugas lapangan dapat menjaga di semua titik. Petugas juga menyiapkan mesin pompa untuk mengalirkan air yang menggenang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga