STP Bandung Tuan Rumah Asia Tourism Forum 2016

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung kembali menjadi tuan rumah Asia Tourism Forum atau ATF (Biennial Conference ke-12) yang diselenggarakan pada 7-9 Mei 2016, mendatang.

Ketua STP Bandung Anang Sutono mengatakan ATF merupakan pertemuan prestisius yang mempertemukan para stakeholders di bidang pariwisata. ”Acara ini juga rencananya akan dihadiri oleh pak Menteri Pariwisata Arief Yahya pada tanggal 7 Mei atau hari Sabtu,” sebut Anang kepada wartawan.

Menpar Arief Yahya membenarkan, dirinya bakal tampil di ATF Bandung itu. STP Bandung terpilih untuk kedua kalinya sebagai tuan rumah ATF, sebelumnya STP Bandung menjadi tuan rumah pada 2012 (Biennial Conference ke-10). Asia Tourism Forum pertama kali diadakan pada 1993 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam.
”ATF itu dua tahun sekali, dan menjadi forum internasional yang mewadahi para praktisi industri pariwisata, akademisi, peneliti, pejabat pemerintah dan para pembuat kebijakan pariwisata,” ujar Anang.

Menurut dia, forum ini ajang para stakeholders di bidang pariwisata untuk bertukar informasi penelitian penting sebagai pengembangan industri pariwisata berkelanjutan baik di Asia maupun di dunia. “Asia Tourism Forum ini akan menjawab keraguan masyarakat tentang penelitian di pariwisata yang seringkali dirasakan tidak dapat diterapkan di bidang pariwisata secara langsung,” ujar Anang.

Menurut Anang, industri pariwisata bisa maju dengan riset dan metodologi yang bagus. “Asia Tourism Forum akan menjawab itu,” ujarnya. Anang menambahkan riset yang baik harus bermanfaat bagi kebijakan dan seluruh stakeholders pariwisata.

Salah satu contoh kebijakan yang mendorong pertumbuhan kedatangan turis misalnya soal bebas visa kunjungan, yang membuat turis datang tanpa urusan birokrasi yang rumit.

Akan hadir juga pembicara top dengan reputasi internasional sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pariwisata dunia secara umum dan pariwisata Indonesia khususnya.

“Asia Tourism Forum adalah forum prestisius dan STP Bandung akan mendedikasikan ATF 2016 untuk mengangkat pariwisata Bandung dan Jawa Barat. Saya ingin memperkenalkan Bandung yang memiliki beragam potensi pariwisata,” ujarnya.

Tema ATF 2016 ini adalah A New Approach of Wonderful Tourism. Pariwisata yang memiliki makna penting untuk ekonomi masyarakat.

Tinggalkan Balasan