oleh

Ponpes Lapas Segera Dilaunching

bandungekspres.co.id, KUNINGAN – Rencana MUI Kabupaten Kuningan membentuk pondok pesantren di Lapas Kuningan dalam waktu dekat segera terealisasi. MUI menargetkan pada 22 Mei atau sebelum nifsu syaaban ponpes itu sudah dilucurkan.

Ketua MUI KH Abdul Azis menerangkan, pihaknya sudah melakukan studi banding ke Lapas Cianjur yang sudah berdiri ponpes. ”Keinginan kami sebelum nifsu syaaban ponpes sudah diwujudkan sehingga pada saat bulan puasa aktivitas sudah bisa berjalan,” ucapnya pada rapat dengan berbagai pihak, belum lama ini.

Baca Juga:  Bantu Warga Terdampak Covid, ACT Cimahi Kumpulkan Dana Melalui Bazar Ramadan

Dengan kehadiran ponpes tersebut, menurut Azis, benar-benar membuat santri yang ada di lapas menjadi berkurang. Azis yang didampingi Ketua Litbang MUI Kuningan H Iman Subasman menerangkan, dari semula warga binaan 1.200 orang, setelah ada ponpes turun drastis tinggal 600 orang.

Model ponpes sendiri, sambung dia, adalah pondok pesantren salafiah. Layaknya sebuah ponpes para warga binaan sendiri dalam bersikap seperti santri sopan dan setiap hari tidak lepas dari hapalan Alquran. ”Kami melihat berhasilnya ponpes lapas kerena komitmen kuat dari pemerintah dan yang hebatnya lagi kalapasnya non muslim, tapi dukungannya sangat kuat,” ucapnya.

Baca Juga:  Tanggapi Isu Pemotongan Insentif Nakes Depok, DPRD: Pemotongan Tidak Dibenarkan

Di Cianjur, kata Azis, pemerintah mengalokasikan dana 1 persen dari APBD untuk kegiatan keagamaan. Setiap tahun tiap desa diwajibakan mengahasilkan hafidz Alquran satu orang. Mereka dan pembibing diberikan dana oleh pemerintah. ”Kami dalam waktu dekat akan beraudensi dengan wakil bupati agar keinginan kami bisa terwujud, karena dengan dukungan kuat maka akan terwujud,” jelas Azis.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga