Ormas Penguat Sistem Sosial

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Sejumlah perwakilan organisasi masyarakat dan organisasi kemasyarakatan (OKP) Kota Cimahi mengikuti Latihan Dasar Kepimpinan (LDK) di Gedung Siliwangi, Kodim 0609, Jalan Gatot Subroto, kemarin. Kegiatan tersebut dikatakan Wali Kota Cimahi, Atty  Suharti  lantaran  organisasi masyarakat menjadi wadah jaminan hak berserikat dan berkumpul bagi warga Negara yang merupakan lembaga partisipasi masyarakat dan penguatan sistem sosial, yang merupakan salah satu perangkat dalam sistem kenegaraan sebagaimana diamanatkan dalam UU no. 17 tahun 2013 tentang organisasi masyarakat.

”Oleh karena itu pemberdayaan dan penguatan kapasitas ormas, secara transparan dan akuntabel sehingga terwujud kemandirian dan profesionalisme ormas yang sehat, merupakan suatu hal yang sangat strategis dalam pembangunan bangsa, terutama menghadapi perkembangan dunia global,” katanya

Selain itu kegiatan ini bertujuan pula agar ormas dapat mencapai tujuannya untuk meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, terutama dalam mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, menjaga memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

”Pemberdayaan melalui model pelatihan kepemimpinan bagi ormas dan OKP di Kota Cimahi diharapkan bisa menjadi cara untuk melahirkan pemimpin yang bisa menjadi teladan dalam masyarakat.

Pemberdayaan dan penguatan ormas dan OKP di bidang kepemimpinan menjadi sangat penting karena kualitas leadership (kepemimpinan) sejatinya harus dimiliki oleh setiap sumber daya pendukung ormas dan OKP agar dapat memiliki pola mental dan perilaku yang sejalan serta mampu menjadi inspirasi bagi organisasinya.

”Di bawah pemimpin yang baik, organisasi yang ada di Kota Cimahi saya harapkan dapat berpartisipasi dan bekerjasama dalam mendukung pemerintah daerah dalam upayanya mengatasi permasalahan kota yang dari tahun ke tahun makin meningkat  dan kebutuhan rakyat makin beragam,” tutup Atty Suharti. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan