oleh

Seniman Lukis Jelekong Khawatirkan Gulungtikar

bandungekspres.co.id, BALEENDAH – Penyuplai lukisan provinsi Bali merupakan  seniman Kabupaten Bandung yang tergabung dalam Komunitas Pelukis Muda Jelekong (KPMJ), Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Mereka sempat gulung tikar ketika bom Bali terjadi tahun 2002 lalu. Bahkan gulung tikar itu juga terjadi manakala pemerintah tidak memperhatikan nasib pelukis itu.

Ketua KPMJ Iman Budiman mengaku, kondisi para seniman lukis di wilayah tersebut sudah sangat memperihatinkan. Modal usaha yang dijanjikan sejumlah pengusaha dan pemerintah ternyata tidak pernah ada realisainya. Iman mengatakan, bersama pengurus KPMJ lainnya meminta agar pemerintah memperhatikan keberadaan pelukis di kawasan Kelurahan Jelekong tersebut.

”Rasa khawatir seniman tersebut muncul jika Bali tak lagi memesan lukisan karena alasan harganya yang turun drastis. Untuk mempertahankan profesinya sebagai seniman lukis, KPMJ melakukan pendekatan dengan sejumlah instansi pemerintah dan swasta agar bisa memperoleh bantuan modal usaha,” keluhnya kepada Bandung Ekspres di Jelekong, kemarin (17/4).

Usaha yang dilakukannya itu terus mandek dan tidak ada kelanjutannya jika pemerintah tak lagi peduli terhadap mereka. Bahkan pihaknya pernah dimintai dibuatkan proposal kepada sejumlah instansi pemerintah dan swasta. Tapi usahanya belum ada realisasinya. ”Akibatnya kami khawatir jika terus terusan begini, para seniman di jelekong ini akan gulung tikar. Jika demikian maka ratusan penganggur akan bertambah,” tambahnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga