Umuh Ingin Perbaiki Kinerja Sang Pengadil Lapangan

bandungekspres.co.id – REVOLUSI sepakbola Indonesia harus segera dimulai dan tonggaknya adalah turnamen jangka panjang Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. Hal Itu diungkapkan oleh manajer Persib, Umuh Muchtar yang mengaku serius untuk memperbaiki sepakbola Indonesia. Salah satu fokusnya adalah memperbaiki kinerja wasit di tanah air yang kualitasnya memang belum merata. Bahkan Umuh berani mengisi satu tempat di kepengurusan yang concern untuk memantau perwasitan.

’Saya disitu akan mengambil komisi wasit, karena persepakbolaan Indonesia cuma satu. Kuncinya wasit dulu yang harus dibenahi,” ujar Umuh di Hotel Tyara, Kabupaten Ciamis belum lama ini.

Andai ISC digelar sesuai rencana, Umuh mesti memastikan wasit yang bekerja punya kualitas mumpuni. Dia akan fokus pada hal itu bukan untuk kepentingan Maung Bandung semata, namun juga demi seluruh klub yang berlaga. Karena dengan begitu setiap tim akan berkompetisi secara sehat dalam turnamen berdurasi panjang tersebut. Baginya kesuksesan sebuah turnamen atau liga bisa ditentukan oleh kinerja korps baju hitam yang memimpin sebuah laga.

”Saya akan mencoret merah wasit-wasit yang kinerjanya merugikan tim yang bertanding, utamanya itu dulu. Wasit itu pemimpin di lapangan kalau kepemimpinannya bagus kualitas juga bagus, tapi kalau kepemimpinannya jelek itu bisa merusak permainan,” tegasnya dilansir Simamaung.

Pria berusia 67 tahun itu khawatir jika dunia perwasitan di tanah air disusupi oleh segelintir oknum mafia. Seperti kasus pengaturan skor yang sempat booming di Indonesia. Kejadian itu tentu mencoreng nilai-nilai sportifitas dalam olahraga khususnya sepakbola.

”Saya tidak mencari untung yang terpenting sepakbola berjalan lagi dan seluruh rakyat di Indonesia menunggu, sepakbola ini kan hiburan rakyat jangan direnggut begitu saja,” tandasnya. (smm/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan