oleh

Kritik Pengelola Citarum

bandungekspres.co.id , SOREANG – Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Najib  Qodratulloh menegaskan, penanganan sungai Citarum tidak bisa hanya dipikul oleh Kabupaten Bandung. Sebab, rentang jarak sungai tersebut juga menyinggung beberapa daerah di Jawa Barat.

Untuk diketahui, sungai Citarum tercatat merupakan sungai yang terpanjang dan terbesar di Jawa Barat. Sungai yang mengalir sepanjang 297 kilometer ini membentang dari hulu di kaki Gunung Wayang sebelah selatan Kota Bandung dan bermuara di Kabupaten Bekasi.

Baca Juga:  KPK Kembali Panggil Aa Umbara dan Anaknya Setelah Sempat Mangkir

”Jadi penanganan Citarum ini kan bukan hanya oleh pemerintah kabupaten Bandung, melainkan juga oleh pemerintah provinsi Jabar,” tutur Achmad kemarin (8/4).

Dia mengataka, hulu Citarum tercatat mengalir dari Situ Cisanti yang teletak di kaki Gunung Wayang sebelah selatan Kota Bandung, dan bermuara di pantai selatan Pulau Jawa tepatnya di Muara Gembong Kabupaten Bekasi.

”Maka jelas ini masalah Jawa Barat. Meski demikian mari kita bersama-sama mencari solusi dalam hal penanganan masalahg masalah Citarum yang selalu menjadi biang banjir di Jabar ini,” terangnya.

Baca Juga:  7 Fakta Tentang Oronamin C, Minuman Kesehatan Asal Jepang

Di bagian lain, dia juga mengkritik pengelolaan Sungai Citarum yang dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Najib menjelaskan, bahwa BBWS seolah-olah perangkat yang hanya memfasilitasi keberadaan sungai saja bukan penanganan masalah Banjir. Sejauh ini dia beranggapan, BBWS hanya lembaga penyalur anggaran pusat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga