oleh

Perbaikan Profil Kelurahan Syarat Lomba Tingkat Nasional

bandungekspres.co.id, LENGKONG – Salah satu keberhasilan sistem pemerintahan terdapat pada tata kelola di level kelurahan dan kecamatan. Keberhasilan itu tidak ditentukan oleh variabel pembangunan masyarakat saja. Tetapi dapat dilihat dari data administrasi di level tersebut. Hal itu, dikatakan Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto saat membuka acara evaluasi pengisian data profil kelurahan dan evaluasi perkembangan kelurahan tahun 2016 di Gedung Korpri Jawa Barat, Jalan Turangga, Kota Bandung, kemarin (7/4).

Baca Juga:  Bupati Bandung Terharu di Acara Buka Bersama Anak Yatim Ini

”Profil kelurahan menjadi komitmen berbasis data. Maka, keberhasilan sistem pemerintahan dalam tata kelola di level kecamatan dan kelurahan, tidak ditentukan variabel pembangunan masyarakat, tapi melalui data administrasi,” ujar Yossi.

Yossi menjelaskan, evaluasi tersebut diharapkan dapat mengidentifikasi masalah sebenarnya. Data profil merupakan salah satu instrumen pemerintah untuk merencanakan pembangunan berdasarkan potensi kelurahan, terutama untuk menciptakan efisiensi dan efektivitas program.

”Peran kelurahan otonomi daerah sangat penting, lurahlah yang berhubungan langsung dengan masyarakat, lurah ini menjadi ujung tombak,” kata Yossi.

Baca Juga:  Pecatan Polisi Rampok Rumah Warga

Sementara itu, Kepala BKPPM Kota Bandung, Muhammad Salman Fauzi menyatakan sejak tahun 2012 hingga 2015 tidak kurang dari 66 data kelurahan masuk pada data sistem.

Bahkan dalam waktu singkat, sambung Salman, profil kelurahan  bergerak cepat hingga mencapai 149 kelurahan dengan menyisakan 2 kelurahan. ”Bagi BKPPM (149 data masuk) merupakan prestasi besar, sebab profil kelurahan menjadi tambahan syarat tentang lomba kelurahan di tingkat nasional,” tukas Salman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga