Barcelona vs Real Madrid, Blaugrana Melawan Kutukan

Pada musim 1990-1991, skuat Dream Team Barcelona di tangan Johan Cruyff tumbang 0-1 dari Real. Cruyff dan Barcelona sebelum laga tersebut unggul 13 poin atas Real. ”Tak apa kami kalah dalam el’ clasico ini, namun kami akan memenangi gelar La Liga musim ini,” kata Cruyff kala itu. Dan benar saja, Barcelona tampil sebagai juara di akhir musim tersebut.

Dari daftar pemain yang absen dalam el’ clasico ini, Barcelona kehilangan tiga nama. Sandro Ramirez, Jeremy Mathieu, , dan Adriano. Jordi Alba diragukan kebugarannya. Sedang di kubu Real Madrid, cuma Borja Mayoral yang meragukan.

Menjelang laga ini, bek Real Jose Ignacio ‘Nacho’Fernandez Iglesias melihat kans timnya buat menjinakkan Barcelona cukup besar. Dalam wawancara dengan Marca Radio kemarin, Nacho menilai kekalahan 0-4 di pertemuan pertama musim ini (21/11) sungguh memalukan.

”Kalaupun menang, kami hanya akan mendapat tambahan tiga poin. Namun siapapun di dunia tahu seandainya gengsi laga ini sangatlah tinggi,” tutur bek berusia 26 tahun itu.

Buat entrenador Real Zinedine Zidane, inilah el’ clasico perdananya. Sehingga mantan pelatih Real Madrid Castilla itu mempertaruhkan banyak hal kali ini.

Sejak mengambil alih tongkat estafet kepelatihan dari Rafael Benitez 4 Januari lalu, di kompetisi domestik Zidane menang sembilan kali, dua imbang, dan sekali kalah.

Menurut Four Four Two kemarin (1/4), bentrok Zidane dengan Luis Enrique terakhir kali terjadi April 2003 silam. Ketika itu, keduanya masih menjadi pemain dan berada di ujung karir mereka.

Enrique ketika ditanya mengenai ‘reuni’ perdananya sebagai pelatih dan langsung di ajang el’ clasico, Enrique hanya tertawa. Meski unggul sepuluh angka, el’ clasico tetap sarat emosi.

Enrique mewaspadai BBC yang semakin kompak. Walau bukan rahasia umum lagi, antara Gareth Bale dengan Cristiano Ronaldo tetap ada kompetisi. Apalagi setelah bocor jika harga transfer Bale lebih mahal ketimbang Ronaldo.

Sama-sama ofensif dengan skema 4-3-3, Barcelona sedikit di bawah Real dalam rerata tembakan per laga. Versi Whoscored Real mencatat angka 1,9 tembakan per laga, sedang Barcelona 1,6.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan