Ular Sanca 4 Meter Gemparkan Warga Antapani

bandungekspres.co.id – Warga Komplek Perumahan Antapani digemparkan dengan penemuan seekor ular sanca sepanjang  sekitar empat meter dini hari kemarin (22/3).

Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung Elan Suparno menyatakan, sekitar pukul 01.30 , dirinya mendapat telepon dari Komandan Peleton (Danton) 3 DPPK Kota Bandung Daryono yang sedang tugas piket. Menurut dia, di Jalan Kadipaten, Kecamatan Antapani, ditemukan ular sanca dengan panjang empat meter. Dalam perintahnya, kata Elan, Daryono mohon bantuan jajaran rescue Damkar, untuk mengamankan dan evakuasi ular sanca itu.

”Atas dasar permohonan itu, kami lakukan (penyelamatan dan evakuasi) persiapan untuk berangkat menuju lokasi ditemukannya ular sanca. Namun, selang beberapa saat,  diinformasikan lagi melalui hubungan telepon. Ular sanca  tersebut, telah ditangkap warga. Untuk itu, kami urungkan datangi tempat kejadian perkara (TKP),” ujarnya saat dihubungi Bandung Ekspres kemarin (22/3).

”Tetapi, usai seluruh personel DPPK Kota Bandung melaksanakan apel pagi. Kepala DPPK Kota Bandung Ferdi Ligaswara, menghubungi saya,” imbuh Elan.

Menurut dia, ular sanca  tersebut moncongnya dilakban biar aman. Serah terima ular sanca itu, kata Elan, pihak DPPK langsung menerima dari Ketua RT setempat dan perwakilan masyarakat.

Selanjutnya, ular sanca tersebut, dibawa terlebih dahulu ke markas komando Damkar di Jalan Sukabuni. ”Atas ijin Pak Kadis, ular itu kami serahkan ke Kebun Binatang Bandung,” jelas Elan

Kepala Bidang Damkar DPPK Kota Bandung Yosep Heryansyah, mengatakan tim rescue 113 DPPK Kota Bandung, turun ke TKP atas pelaporan warga Jalan Cicalengka Antapani. ”Kini  ular sanca tersebut suad diserahkan ke Kebun Binatang Kota Bandung,” ujar Yosep.

Di tempat terpisah, Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Entang Suryaman mewanti-wanti pihak Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung agar makin meningkatkan kewaspadaan. Bukan tidak mungkin, ular sanca itu terbawa arus banjir.

”Masih untung tidak ada kejadian luar biasa,” ujar politikus Partai Demokrat ini. Maka, dalam lakukan inspeksi di gorong-gorong dan penanganan banjir, sahut Entang, tim URC Bina Marga, agar dilengkapi alat pengaman. ”Peristiwa ditangkapnya ular sanca, jadi warning. Di kota Bandung, masih ada bahaya yang datangnya tidak diketahui,” pungkas Entang. (edy/fik)

Tinggalkan Balasan