oleh

Cirebon Minim Resapan Air Tanah

Permasalahan Banjir Sangat Komprehensif

bandungekspres.co.id – Minimnya sistem resapan air tanah di Kota Cirebon masih sangat minim. Kondisi tersebut mengakibatkan terjadinya genangan air di sejumlah titik. Terang saja, kondisi itu pun tidak menutup kemungkinan terjadinya bencana banjir di Kota Cirebon jika diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi.

Terlebih lagi, kondisi permukaan tanah di Kota Cirebon terbilang sejajar dengan permukaan laut. Ditambah darat Kota Cirebon sudah padat dengan pendirian gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, dan perumahan.

Kepala Bidang Sumber Daya Alam (SDA) pada Dinas Pembangunan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUPESDM) Kota Cirebon Trisunu Basuki mengatakan, permasalahan banjir di Kota Cirebon sangatlah komprehensif. Program pengendalian banjir pun hanya bisa dilakukan untuk meminimalissai terjadinya genangan air saat hujan tiba. Sedangkan untuk membebaskan Kota Cirebon dari tradisi banjir tahunan, hal itu sangatlah sulit. ’’Persoalan banjir  Kota Cirebon ini sangat komprehensif. Tidak bisa secepatnya ditanggulangi,” ungkapnya.

Meskipun upaya pembuatan embung pernah direncanakan oleh Pemkot Cirebon dan DPUPESDM, namun tetap saja embung tersebut tidak akan menyelesaikan masalah di Kota Cirebon. Antisipasi banjir, menurut Trisunu, saat ini hanya dilakukan untuk pemeliharaan irigasi dan saluran. ’’Sebelumnya sudah pernah diajukan untuk biaya pembangunan embung sebagai kantong-kantong air  di Kota Cirebon. Namun, jika sudah dibangun pun embung yang direncanakan itu, tetap saja tidak akan membuat Kota Cirebon terbebas dari banjir,” tuturnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga