Empat Kopi yang Banyak Dibeli Anak Muda

PADA era nongkrong ini, menyeruput kopi berkualitas di kafe udah jadi lifestyle anak kekinian. Mulai ice coffee blended, cappuccino, hingga kopi hitam. Berikut Empat Kopi yang Banyak Dibeli Anak Muda :

Vietnam Drip Coffee

Vietnam Drip Coffee
Vietnam Drip Coffee

Vietnam drip sangat sederhana, terdiri dari saringan bawah, cangkir, saringan atas (tamper), dan penutup. Tamper berfungsi untuk menekan kopi sehingga saat terkena air panas, sari pati kopi bisa keluar. Tamper-nya sendiri ada 2 jenis, yang disekrup (memberikan tekanan tambahan) dan yang tanpa sekrup (tekanan hanya dari gravitasi). Lempeng saringan diletakkan di atas cangkir, kemudian masukkan bubuk kopi yang digiling kasar ke dalam cangkir saringan, kemudian letakkan tamper di atas kopi (bisa dengan menambahkan tekanan sedikit), kemudian tuangkan air panas. Kopi akan menetes sedikit demi sedikit ke dalam gelas. Jika mengikuti cara Vietnam, sebelum menyeduhkan kopi, di dalam gelas sudah tertuang susu kental manis.

Cappucino

cappucino coffee
Cappucino Coffee

Cappuccino adalah sajian kopi khas Italia yang biasanya diminum pagi hari. Cappuccino terdiri dari espresso, susu cair dan busa susu di atasnya. Busa susu ini bentuknya menyerupai cap/topi sehingga disebut Cappuccino. Minuman ini sering disalahartikan dengan latte, tapi pada dasarnya mereka adalah dua minuman yang amat berbeda. Umumnya cappuccino dibuat dalam sepertiga proporsi. Ini berarti cappucino yang tepat adalah sepertiga espresso, sepertiga susu yang dikukus, dan sepertiga busa susu.

Cafelatte

Cafelatte
Cafelatte Coffee

Banyak orang yang bingung membedakan latte dengan cappucino. Latte adalah espresso dalam kombinasi dengan susu yang dihangatkan dengan uap air. Café latte adalah campuran antara espresso dan susu cair dengan perbandingan 1:2. Jadi 1/3 bagiannya adalah kopi, sedangkan 2/3 bagiannya adalah susu cair. Jika dibandingkan dengan cappuccino, café latte ini lebih ringan rasa kopinya, karena lebih banyak mengandung susu. Tapi menurut mas Saladine yang ikut berkontribusi lewat kolom komentar, padanan latte yang lebih tepat adalah 2/6 espresso, 3/6 susu, dan 1/6 foam / busa susu

Tinggalkan Balasan