Helm Gratis untuk Pelanggar

bandungekspres.co.id– Polres Bandung memberikan helm gratis Standar Nasional Indonesia (SNI) terhadap para pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm di simpang jalan tol Cileunyi wilayah Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Pemberian helm tersebut dilakukan dalam rangka Operasi Simpatik.

Tim gabungan yang melakukan Operasi simpatik ini di antaranya, Polsek Cileunyi, Lantas Polres Bandung dan Dishub Kabupaten Bandung. Mereka juga dibantu Pramuka Saka Bhayangkara dan Satpol PP Kecamatan Cileunyi.

Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Edi Suwandi mengatakan, khusus kemarin para pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm, tidak akan langsung dikenakan tilang. melainkan diberi peringatan dan pengarahan peraturan lalu lintas.

”Kami lakukan dengan cara pendekatan seperti memberikan arahan keselamatan dalam berlalu lintas dan pemberian helm,” ungkap Edi, kemarin (10/3).

”Sara seperti ini diharapkan bisa menggugah kesadaran para pengendara yang suka bandel tanpa menggunakan helm saat menggunakan kendaraan,” tambah Edi.

Menurut Edi, cara seperti ini sebagai pendidikan supaya masyarakat mematuhi peraturan lalu lintas. Salah satunya menggunakan helm sebagai alat keselamatan.

”Ke depan tidak ada lagi alasan tidak mempunyai helm. Selain helm, kami juga berikan bingkisan dan sepatu sebanyak 100 pasang. Helm yang kami siapkan ada sebanyak 150 buah dari CSR perusahaan di Cileunyi,” urainya.

Edi mengungkapkan, meski yang tidak menggunakan helm tidak dikenakan tilang, tetapi untuk pengendara yang tidak membawa kelengkapan surat kendaraan dan Surat Izin Mengemudi (SIM) tetap dikenakan tilang sesuai aturan yang sudah diterapkan.

”Sekitar 10 persen pengendara sepeda motor di Cileunyi memang masih belum sadar dalam menaati peraturan lalu lintas, terutama menggunakan helm untuk keselamatannya,” ungkapnya.

Salah seorang pengendara kendaraan roda dua, Ahmad, 25, salah seorang warga sekitar mengaku kaget dikarena banyak petugas kepolisian di saat dirinya melintasi jalan tersebut.

”Saya tadinya sudah takut ditilang karena merasa tidak pakai helm karena saya pikir jaraknya dekat dengan rumah. Eh tahunya malah dikasih helm gratis sama petugas kepolisian,” tuturnya.

”Meskipun sempat ditegur tapi saya ucapkan terima kasih atas pemberian helm gratisnya,” pungkasnya. (yul/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan